Proposal Usaha Boutique

1.    RANCANGAN PERUSAHAAN

a.    Nama Perusahaan
Perusahaan ini akan bernama “The Paradise Boutique”.

b.    Alamat Perusahaan
Kantor dan lokasi pemasaran “The Paradise Boutique” berlokasi di Permata Depok Regency Cluster Emerald B7/53 Depok .

c.    Latar Belakang Perusahaan
Perusahaan bisnis butik online ini berdiri atas kerjasama 5 orang yang memiliki hobi yang sama dalam hal fashion. Karena kelima orang ini berada di lingkungan yang sama, memiliki hobi sama, dimulai dengan membaca buku fashion, mengutak-atik internet . Kami juga sering diskusi terhadap perkembangan dunia fashion.Akhirnya karena rasa keingin tahuan yang tinggi terhadap fashion, kamipun mencoba desain pakaian sendiri. Awalnya hasil kreatifitas kami hanya digunakan untuk konsumtif sendiri. Namun melihat pakaian yang kami kenakan ternyata ada yang tertarik untuk membeli. Lama-lama pesananpun mulai meningkat sehingga akhirnya kami memutuskan untuk membuka usaha boutique ini.

Kemudian kami juga sepakat bahwa kebutuhan akan fashion saat ini dan kedepannya sangat bagus tetapi bagi sebagian orang untuk membeli secara langsung itu sulit karna faktor kesibukan yang mereka lakukan sehingga mereka tidak bisa membeli secara langsung. Dari pemikiran tadi serta ditunjang dengan  pengguna internet di Indonesia saat ini sudah mencapai puluhan juta dan sekarang banyak orang yang menggunakan mobile phone sehingga kami bersepakat untuk memasarkan butik ini secara online.

The Paradise Boutique online ini didirikan untuk membuat para shopaholic memberikan kesempatan dan memudahkan untuk berbelanja online.

d.    Visi dan Misi Perusahaan
Visi Perusahaan
Menjadi perusahaan fashion terkenal yang dapat menyediakan produk fashion yang sesuai dengan selera tiap individu pelanggan

Misi Perusahaan
Sehubungan dengan visi “The Paradise Boutique”  maka misi kami adalah :
1.    Memberikan pendidikan dan pengarahan kepada masyarakat mengenai pentingnya fashion sebagai bagian dari penampilan.
2.    Mengutamakan kualitas produk Boutique Paradise mulai dari pemilihan bahan baku , desain sampai pada hasil akhir.
3.    Memberikan masukan atau pertimbangan dalam memilih fashion yang tepat sesuai dengan pribadi atau penampilan konsumen.
4.    Melayani pelanggan baik satuan maupun grosir dengan sebaik-baiknya dan berusaha untuk memenuhi segala keinginan pelanggan dalam hal fashion sehingga pelanggan mendapatkan apa yang mereka inginkan untuk tampil lebih trendy.

e.     Logo Perusahaan dan  motto


Arti Logo :
1.    Love : menandakan kecintaan kami terhadap dunia fashion, kami harapkan kecintaan ini juga tertular untuk para customer kami
2.    Hujan : menandakan banyak butiran idea-idea kreatif untuk desain fashion terbaru
3.    Paradise : Kemegahan fashion dapat merubah dunia
Motto :
“Kepuasan dan kepercayaan pelanggan adalah prioritas utama, senantiasa meningkatkan mutu dan kualitas dari barang-barang yang dihasilkan di perusahaan kami. “

f.     Bidang Usaha
The Paradise Boutique menyediakan dan memproduksi bermacam-macam keperluan busana wanita  dengan harga yang murah dan kualitas ekspor. Pembeli bisa mencari  dan memesan secara online maupun langsung datang perusahaan kami . The Paradise Boutique akan mengirimkan pesanan langsung kepada pembeli.

g.    Struktur Organisasi
Struktur organisasi pada The Paradise Boutique adalah :


h.    Job Description yang dilengkapi dengan jumlah jam dan hari kerja serta perkiraan gaji
No
Karyawan
Tugas
Jumlah Jam Kerja
Hari Kerja
Perkiraan gaji
1.
Direktur
bertanggung jawab atas kelancaran keseluruhan proses produksi dan pemasaran, menciptakan sistem produksi dan pemasaran, melakukan negosiasi bisnis, mencari investor, dan menetapkan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan pengembangan perusahaan dengan dibantu oleh para manajernya.
8 jam
Senin - Jumat
Rp. 3.000.000
2
Manager Produksi
Bertanggung jawab dalam segala hal yang berhubungan dengan produksi
8 jam
Senin - Jumat
Rp.2.500.000

3
Manager Operasional
Bertanggung jawab dalam hal operasional perusahaan mulai dari mencari customer, kesediaan stok, pembelian dan pengiriman barang ke customer
8 jam
Senin - Jumat
Rp. 2.500.000
4
Manager Keuangan
bertanggung jawab dalam pengaturan cash flow perusahaan dan laporan keuangan
8 jam
Senin - Jumat
Rp. 2.500.000
5
Taylor
(2 orang)
bertanggung jawab  dalam pembuatan produk
8 jam
Senin - Jumat
Rp. 1.750.000 x 2 =
Rp. 3.500.000
6
Desainer
bertanggung jawab membuat desain produk dan menghasilkan desain yang menarik pasar
8 jam
Senin - Jumat
Rp. 2.000.000
7
Purchase
Bertanggung jawab dalam hal pembelian bahan baku, produk lainnya dengan harga dan kualitas yang baik
8 jam
Senin - Jumat
Rp.1.750.000
8.
Logistik
Bertanggung jawab dalam hal pengiriman barang
8 Jam
Senin - Sabtu
Rp. 1.000.000
9
Gudang
Bertanggung jawab terhadap ketersediaan barang , masuk dan keluar barang dan melakukan stok opname tiap minggunya
8 jam
Senin - Sabtu
Rp. 1.000.000
10.
Marketing
Bertanggung Jawab dalam hal penjualan produk
8 Jam
Senin - Sabtu
Rp.1.500.000
11.
Finance
Bertanggung jawab terhadap keuangan dan membuat laporan kas tiap harinya
8 Jam
Senin - Sabtu
Rp.1.500.000
12.
Admin
Bertanggung jawab terhadap penjualan online dan mencapture gambar-gambar produk ke website
8 jam
Senin - Sabtu
Rp. 1.300.000

Total kebutuhan operasional untuk gaji karyawan adalah sebesar Rp. 24.050.000,00.

2.    DESKRIPSI PRODUK
The Paradise Boutique merupakan badan usaha yang bergerak di bidang produksi dan pemasaran fashion. Produk yang dipasarkan adalah berbagai macam busana wanita dan fashion wanita dengan harga yang murah dan selalu up todate.

Harga yang kami tawarkan mengacu pada kualitas barang yang ditawarkan, yaitu:
Jenis Barang
Penawaran harga per item
Baju kaos
Rp. 50.000 – Rp. 500.000
Cardigan
Rp. 80.000 Rp. 500.000
Celana jeans
Rp. 100.000 Rp. 500.000
Celana bahan
Rp. 100.000 Rp. 500.000
Baju Gamis
Rp. 100.000 Rp. 500.000
Kaftan
Rp. 100.000 Rp. 500.000
Accecories
Rp. 50.000 Rp. 500.000
Kerudung
Rp. 50.000 Rp. 500.000
Baju Kerja
Rp. 100.000 Rp. 500.000
Blazer
Rp. 85.000 Rp. 500.000
Sepatu pesta
Rp. 50.000 Rp. 500.000
Sepatu casual
Rp. 100.000 Rp. 500.000
Flat Shoes
Rp. 85.000 Rp. 500.000
Batik
Rp. 50.000 – Rp. 1.000.000


Di bawah ini adalah sebagian produk-produk yang tersedia :


3.    STRATEGI PEMASARAN

Bisnis fashion merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati, karena namanya gaya berbusana merupakan kebutuhan bagi setiap wanita pada umumnya. Setiap wanita pasti mencari gaya berbusana yang pas dengan dirinya, dan hal tersebut merupakan hal yang terus-menerus. Karena itulah, bisnis fashion merupakan bisnis yang bisa dikatakan bisa eksis di dalam keadaan apapun.

Oleh sebab itu maka kami menggunakan beberapa strategi pemasaran yaitu :

1.      Strategi pemasaran yang digunakan adalah secara online, dipasarkan melalui media social  ( media online ) yaitu seperti facebook, twitter, maupun website.

Tahun 2011 bisa dikatakan hampir semua orang tidak akan terlepas dari dunia online, termasuk fashion. Jadi bisa dikatakan bahwa ketika kita melaksanakan fashion business, kita tidak boleh lupa untuk memasarkannya secara online, karena terkadang ada orang yang lebih suka membeli produk fashion melalui pemesanan online. Hal yang harus diperhatikan di dalam pemesanan online adalah jangan sampai barang yang tiba di tangan pembeli berbeda dengan apa yang telah kita foto untuk dipasarkan di online. Hal tersebut bisa membuat pembeli tidak mau lagi untuk membeli produk fashion yang kita hasilkan. Pemasaran online bisa berasal dari periklanan di media yang banyak membahas mengenai fashion dan juga memiliki web atau blog pribadi untuk memasarkan produk fashion yang kita hasilkan.

2.      Memberikan Kualitas produk dan pelayanan harus yang terbaik
Kualitas produk dan pelayanan tetap merupakan hal yang harus diperhatikan, karena meskipun merk kita tidak dikenal luas, jika produk fashion kita memiliki kualitas dan pelayanan yang baik, maka hal tersebut bisa membuat pembeli mau untuk membeli produk kita bahkan memasarkannya secara word of mouth kepada rekannya yang lain. Pemasaran secara word of mouth merupakan pemasaran yang paling efektif, karena itu sangat penting untuk memperhatikan kualitas dan pelayanan di dalam bisnis fashion agar pembeli mau untuk melakukan repeat order kepada kita.
3.      Memberikan personal touch
Personal touch merupakan hal yang tidak boleh kita lupakan, karena tanpa personal touch, produk kita tidak akan memiliki nilai jual yang special dibandingkan yang lain. Personal touch di dalam fashion business memang penting, karena hal tersebut memberikan ciri khas terhadap produk fashion kita dan hal tersebut membuat kita mampu untuk bersaing di dalam fashion business.
4.      Menghasilkan dan menjual fashion yang sedang tren in
Mengikuti tren yang sedang in memang merupakan hal yang harus diperhatikan di dalam fashion business, karena bagaimanapun orang seringkali lebih mencari tren yang sedang in daripada gaya fashion lainnya. Akan tetapi, jika pembeli kita memiliki pesanan khusus, tetap hal tersebut harus diperhatikan, karena pelayanan yang terbaik merupakan salah satu hal penting yang diperhitungkan pembeli. Bagi pelanggan setia kami akan berikan harga penawaran yang bagus dan discount yang menarik.
5.      Maksimalkan periklanan dengan media yang tepat
Periklanan tetap merupakan hal yang tidak boleh dilupakan di dalam pemasaran, tidak terkecuali dalam memasarkan produk fashion. Orang akan selalu mengingat produk fashion kita jika hal tersebut sering ia lihat atau dengar di media. Namun, pemasaran juga harus mencari media dengan sasaran pembaca atau pendengar yang tepat, karena hal itu sangat menentukan keberhasilan di dalam memasarkan produk fashion yang kita hasilkan.

4.    RENCANA OPERASIONAL
a.    Deskripsi lokasi
Pengelolaan tempat akan dilakukan di Permata Depok Regency Cluster Emerald B7/53 Depok. Dengan luas bangunan yang dibutuhkan kurang lebih 200 m2 berdiri di atas lahan +- 300 m2 . Dengan infrastruktur yang ada , dan juga memiliki kapasitas parkir yang luas guna mendukung pengembangan perusahaan.

b.    Denah tempat

c.    Fasilitas
Adapun fasilitas yang diperlukan untuk menunjang yaitu sebagai berikut:
-     Dua unit Laptop dilengkapi dengan webcam dan internet
-     Enam unit Desktop computer dilengkapi dengan webcam dan internet
-     Printer all in one
-     Dua Wireless untuk penggunaan internet
-     Kamera dengan resolusi yang cukup tinggi
-     1 unit genset  kapasitas 1200 watt.
-     4 unit AC
-     Kendaraan
5.    KEBUTUHAN DAN PENDANAAN
Kebutuhan investasi terdiri dari dua macam yaitu investasi aset dan investasi tunai. Investasi aset berasal dari semua aset yang dikelola oleh manajemen The Paradise Boutique, Investasi tunai berasal dari berbagai pihak yang tertarik terhadap bisnis perusahaan. Total biaya kebutuhan investasi tunai tertera dalam tabel berikut ini.
Investasi Tunai
Satuan
Jumlah
Harga
Anggaran
Pembutan Badan Usaha
unit
11
Rp15.000.000
Rp 15.000.000
Izin Sewa Bagunan
unit
1
Rp30.000.000
Rp 30.000.000
Kendaraan Pendukung
unit
2
Rp15.000.000
Rp 30.000.000
Mesin Produksi
unit
2
Rp.25.000.000
Rp.50.000.000
Peralatan Operasional




1. Laptop
unit
2
Rp11.000.000
Rp 22.000.000
2. Desktop Computer
unit
6
Rp  5.000.000
Rp 30.000.000
3. Printer
unit
1
Rp  2.800.000
Rp   2.800.000
4. Wireless
unit
2
Rp     720.000
Rp   1.440.000
5. Kamera DSLR
unit
1
Rp  8.000.000
Rp   8.000.000
6 Genset kapasitas 1200 watt
unit
1
Rp  2.000.000
Rp   2.000.000
7. AC
unit
4
Rp  2.500.000
Rp 10.000.000
Biaya pemasokan 3 bulan pertama
unit
3
Rp10.000.000
Rp 30.000.000
Total



Rp 231.240.000


      Berikut ini adalah biaya operasional yang dikeluarkan tiap bulan:
Biaya
Satuan
Jumlah
Harga
Anggaran
Gaji Karyawan
Unit
11
 Rp 24.050.000
 Rp 24.050.000
Listrik
Unit
1
 Rp   2.000.000
 Rp   2.000.000
Perawatan gedung
Unit
1
 Rp   2.000.000
 Rp   2.000.000
Perawatan Peralatan Operasional
Unit
1
 Rp   2.000.000
 Rp   2.000.000
Perawatan Kendaraan
Unit
2
  Rp      500.000
 Rp   1.000.000
Penyusutan Kendaraan
Unit
2
Rp      500.000
Rp   1.000.000
Bahan Bakar Kedaraan
Liter
300
 Rp          6.000
 Rp   1.800.000
Distribusi Barang
bal
2
 Rp   5.000.000
 Rp   6.000.000
Total Pengeluaran



 Rp 39.050.000

Investasi tunai yang dibutuhkan sebesar Rp. 231.240.000,- sedangkan sebagai investasi    aset senilai Rp 363.600.000,- sehingga investasi totalnya menjadi Rp. 594.840.000,-
      Proyeksi Finansial
 Laba dihitung dari selisih omset satu tahun dikurangi biaya produksi selama setahun Profit      investasi didapatkan dari laba dikurangi laba ditahan (20% dari laba), yang meliputi: penelitian dan pengembangan usaha (10%) dan bonus karyawan (10%).
Worst Case Scenario
Worst Case Scenario yang diperkirakan ada 2 kemungkinan, yaitu
1.    kondisi penjualan minimum
Apabila proyeksi penjualan tidak sesuai dengan perencanaan / target, maka kondisi penjualan minimum yang harus diupayakan sehingga biaya biaya produksi tertutup. proyeksi penjualan Worst Case Scenario senilai 50 % dari proyeksi awal.
Strategi yang akan dilakukan untuk keluar dari kondisi penjualan terburuk adalah:
Melakukan penyesuaian anggaran terhadap biaya operasional sesuai  dengan kondisi penjualan. Biaya operasional bulanan, sehingga biaya operasional dapat tertutupi oleh total penjualan.
Agresif marketing: secara aktif meningkatkan penjualan jasa pengelolaan dan promosi di internet terutama jejaring sosial.
2.    Over Order
Over Order terjadi apabila input permintaan barang melebihi daya tampung perusahaan akibat produksi penjahit dan desainer yang terhambat. Kondisi ini tentu saja akan sangat menguntungkan bagi perusahaan, namun disisi lain dapat merugikan apabila tidak ditangani dengan baik akan mengakibatkan menurunnya kepercayaan konsumen.
Strategi yang akan dilakukan untuk keluar dari kondisi ini adalah:
·         Memberikan diskon besar kepada penjahit model dan desainer, sehingga produk terserap sebanyak-banyaknya.
·         Melakukan pembelian sekala besar kepada supplyer guna memenuhi kebutuhan permintaan/konsumen yang meningkat.
·         Melakukan outsourcing supplyer, sehingga barang yang masuk langsung dipilah dan dikirimkan ke penampung/gudang hari itu juga, sehingga diharapkan volumenya meningkat 50%.
3.    Pendanaan dan Kerjasama
Total modal awal yang dibutuhkan untuk usaha ini adalah Rp. 594.840.000,- yang berupa investasi tunai sebesar Rp. 231.240.000,- dan aset The Paradise Boutique sebesar Rp 363.600.000,-.
Kami mengharapkan dana tersebut diperoleh dari :
1.    Modal para pendiri perusahaan
2.    Para Investor yang tertarik dengan bisnis fashion.
3.    Sumber Pendanaan yang lain ( pinjaman bank )
Bagi investor, profit sharing dibagi dari profit investasi (80 % dari laba bersih). Dari keuntungan tersebut, ditentukan persentase bagi hasil untuk pihak manajemen dan investor. Jika terdapat lebih dari satu investor, maka persentase bagi hasil untuk investor ditentukan berdasarkan modal yang diberikan relatif terhadap total kebutuhan investasi.


Skenario pembagian keuntungan adalah sebagai berikut :
Instansi/ perorangan
Jenis investasi
Nominal
Sumbangan share ke pengelola
Share kepemilikan
Ekspektasi hasil dari investasi (per tahun)
 Cantique Boutique
Aset
363.600.000
18%
50%
21,76%
Investor
Tunai
231.240.000
7%
25%
23,95%
Tim Pengelola
Floating
25%

  1. PENUTUP
Demikian proposal ini kami susun untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
Dokumen proposal ini disusun bagi investor yang tertarik dalam dunia fashion. Kami harapkan kerjasama ini bisa mendorong kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri dan belanja secara online, sehingga dapat mempermudah untuk mendapatkan suatu produk terutama fashion yang kami tawarkan tanpa harus datang ke toko dan juga untuk memenuhi kebutuhan akan fashion yang tinggi. Untuk itu kami mohon bantuan dari pihak yang berwenang agar pendirian THE PARADISE BOUTIQUE dapat terlaksana dengan baik.
Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.





                                                                                                Depok, April 2012


                                                                                    Tim pendiri The Paradise Boutique


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal Data Flow Diagram (DFD)

Sinopsis Canola ( 2016 )

Soal UAS PTSI (Pengantar Teknologi Sistem Informasi ) Gunadarma