Proposal Usaha Boutique
1. RANCANGAN PERUSAHAAN
a. Nama Perusahaan
Perusahaan ini akan bernama “The
Paradise Boutique”.
b. Alamat Perusahaan
Kantor dan lokasi pemasaran “The
Paradise Boutique” berlokasi di Permata Depok Regency Cluster Emerald B7/53 Depok .
c. Latar Belakang Perusahaan
Perusahaan bisnis butik online ini berdiri atas kerjasama 5 orang
yang memiliki hobi yang sama dalam hal fashion. Karena kelima orang ini berada
di lingkungan yang sama, memiliki hobi sama, dimulai dengan membaca buku
fashion, mengutak-atik internet . Kami juga sering diskusi terhadap
perkembangan dunia fashion.Akhirnya karena rasa keingin tahuan yang tinggi
terhadap fashion, kamipun mencoba desain pakaian sendiri. Awalnya hasil
kreatifitas kami hanya digunakan untuk konsumtif sendiri. Namun melihat pakaian
yang kami kenakan ternyata ada yang tertarik untuk membeli. Lama-lama
pesananpun mulai meningkat sehingga akhirnya kami memutuskan untuk membuka
usaha boutique ini.
Kemudian kami juga
sepakat bahwa kebutuhan akan fashion saat ini dan kedepannya sangat bagus
tetapi bagi sebagian orang untuk membeli secara langsung itu sulit karna faktor
kesibukan yang mereka lakukan sehingga mereka tidak bisa membeli secara
langsung. Dari pemikiran tadi serta ditunjang dengan pengguna internet di Indonesia saat ini sudah
mencapai puluhan juta dan sekarang banyak orang yang menggunakan mobile phone
sehingga kami bersepakat untuk memasarkan butik ini secara online.
The Paradise Boutique online ini didirikan untuk
membuat para shopaholic memberikan kesempatan dan memudahkan untuk berbelanja
online.
d. Visi dan Misi Perusahaan
Visi Perusahaan
Menjadi perusahaan
fashion terkenal yang dapat menyediakan produk fashion yang sesuai dengan
selera tiap individu pelanggan
Misi Perusahaan
Sehubungan dengan visi
“The Paradise Boutique” maka misi kami
adalah :
1. Memberikan pendidikan dan pengarahan kepada masyarakat mengenai pentingnya
fashion sebagai bagian dari penampilan.
2. Mengutamakan kualitas produk Boutique Paradise mulai dari pemilihan bahan
baku , desain sampai pada hasil akhir.
3. Memberikan masukan atau pertimbangan dalam memilih fashion yang tepat
sesuai dengan pribadi atau penampilan konsumen.
4. Melayani pelanggan baik satuan maupun grosir dengan sebaik-baiknya dan
berusaha untuk memenuhi segala keinginan pelanggan dalam hal fashion sehingga
pelanggan mendapatkan apa yang mereka inginkan untuk tampil lebih trendy.
e. Logo Perusahaan dan motto
Arti
Logo :
1. Love : menandakan kecintaan kami terhadap dunia fashion, kami harapkan
kecintaan ini juga tertular untuk para customer kami
2. Hujan : menandakan banyak butiran idea-idea kreatif untuk desain fashion
terbaru
3. Paradise : Kemegahan fashion dapat merubah dunia
Motto
:
“Kepuasan dan
kepercayaan pelanggan adalah prioritas utama, senantiasa meningkatkan mutu dan
kualitas dari barang-barang yang dihasilkan di perusahaan kami. “
f. Bidang Usaha
The Paradise Boutique menyediakan dan memproduksi bermacam-macam keperluan busana wanita dengan harga yang murah dan kualitas ekspor.
Pembeli bisa mencari dan memesan secara online maupun langsung datang perusahaan kami . The Paradise Boutique akan mengirimkan pesanan langsung
kepada pembeli.
g.
Struktur Organisasi
Struktur organisasi pada The Paradise Boutique adalah :
No
|
Karyawan
|
Tugas
|
Jumlah Jam Kerja
|
Hari Kerja
|
Perkiraan gaji
|
1.
|
Direktur
|
bertanggung
jawab atas kelancaran keseluruhan proses produksi dan pemasaran, menciptakan
sistem produksi dan pemasaran, melakukan negosiasi bisnis, mencari investor,
dan menetapkan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan pengembangan
perusahaan dengan dibantu oleh para manajernya.
|
8 jam
|
Senin - Jumat
|
Rp. 3.000.000
|
2
|
Manager Produksi
|
Bertanggung jawab dalam segala hal yang berhubungan dengan produksi
|
8 jam
|
Senin - Jumat
|
Rp.2.500.000
|
3
|
Manager Operasional
|
Bertanggung jawab dalam hal operasional perusahaan mulai dari mencari
customer, kesediaan stok, pembelian dan pengiriman barang ke customer
|
8 jam
|
Senin - Jumat
|
Rp. 2.500.000
|
4
|
Manager Keuangan
|
bertanggung
jawab dalam pengaturan
cash flow perusahaan dan laporan keuangan
|
8 jam
|
Senin - Jumat
|
Rp. 2.500.000
|
5
|
Taylor
(2 orang)
|
bertanggung
jawab dalam pembuatan produk
|
8 jam
|
Senin - Jumat
|
Rp. 1.750.000 x 2 =
Rp. 3.500.000
|
6
|
Desainer
|
bertanggung
jawab membuat
desain produk dan menghasilkan desain yang menarik pasar
|
8 jam
|
Senin - Jumat
|
Rp. 2.000.000
|
7
|
Purchase
|
Bertanggung jawab dalam hal pembelian bahan baku, produk lainnya dengan
harga dan kualitas yang baik
|
8 jam
|
Senin - Jumat
|
Rp.1.750.000
|
8.
|
Logistik
|
Bertanggung jawab dalam hal pengiriman barang
|
8 Jam
|
Senin - Sabtu
|
Rp. 1.000.000
|
9
|
Gudang
|
Bertanggung jawab terhadap ketersediaan barang , masuk dan keluar barang
dan melakukan stok opname tiap minggunya
|
8 jam
|
Senin - Sabtu
|
Rp. 1.000.000
|
10.
|
Marketing
|
Bertanggung Jawab dalam hal penjualan produk
|
8 Jam
|
Senin - Sabtu
|
Rp.1.500.000
|
11.
|
Finance
|
Bertanggung jawab terhadap keuangan dan membuat laporan kas tiap harinya
|
8 Jam
|
Senin - Sabtu
|
Rp.1.500.000
|
12.
|
Admin
|
Bertanggung jawab terhadap penjualan online dan mencapture gambar-gambar
produk ke website
|
8 jam
|
Senin - Sabtu
|
Rp. 1.300.000
|
Total kebutuhan operasional untuk gaji karyawan adalah sebesar Rp.
24.050.000,00.
2. DESKRIPSI PRODUK
The Paradise Boutique merupakan
badan usaha yang bergerak di bidang produksi dan pemasaran fashion.
Produk yang dipasarkan adalah berbagai macam busana wanita dan fashion wanita
dengan harga yang murah dan selalu up todate.
Harga yang kami tawarkan
mengacu pada kualitas barang yang ditawarkan, yaitu:
Jenis Barang
|
Penawaran harga per item
|
Baju kaos
|
Rp. 50.000 – Rp. 500.000
|
Cardigan
|
Rp.
80.000 – Rp. 500.000
|
Celana jeans
|
Rp.
100.000 – Rp. 500.000
|
Celana bahan
|
Rp.
100.000 – Rp. 500.000
|
Baju Gamis
|
Rp.
100.000 – Rp. 500.000
|
Kaftan
|
Rp.
100.000 – Rp. 500.000
|
Accecories
|
Rp.
50.000 – Rp. 500.000
|
Kerudung
|
Rp.
50.000 – Rp. 500.000
|
Baju Kerja
|
Rp.
100.000 – Rp. 500.000
|
Blazer
|
Rp.
85.000 – Rp. 500.000
|
Sepatu pesta
|
Rp.
50.000 – Rp. 500.000
|
Sepatu casual
|
Rp.
100.000 – Rp. 500.000
|
Flat Shoes
|
Rp.
85.000 – Rp. 500.000
|
Batik
|
Rp.
50.000 – Rp. 1.000.000
|
Di bawah ini adalah sebagian produk-produk
yang tersedia :
3. STRATEGI PEMASARAN
Bisnis fashion merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati, karena namanya gaya berbusana
merupakan kebutuhan bagi setiap wanita pada umumnya. Setiap wanita pasti
mencari gaya berbusana yang pas dengan dirinya, dan hal tersebut merupakan hal
yang terus-menerus. Karena itulah, bisnis fashion merupakan bisnis yang bisa
dikatakan bisa eksis di dalam keadaan apapun.
Oleh sebab itu maka kami menggunakan beberapa
strategi pemasaran yaitu :
1.
Strategi pemasaran yang digunakan
adalah secara online, dipasarkan melalui media social (
media online ) yaitu seperti facebook, twitter,
maupun website.
Tahun 2011 bisa
dikatakan hampir semua orang tidak akan terlepas dari dunia online, termasuk fashion.
Jadi bisa dikatakan bahwa ketika kita melaksanakan fashion business, kita tidak boleh lupa untuk
memasarkannya secara online, karena terkadang ada orang yang lebih suka membeli
produk fashion melalui pemesanan online. Hal yang harus diperhatikan di dalam
pemesanan online adalah jangan sampai barang yang tiba di tangan pembeli
berbeda dengan apa yang telah kita foto untuk dipasarkan di online. Hal
tersebut bisa membuat pembeli tidak mau lagi untuk membeli produk fashion yang
kita hasilkan. Pemasaran online bisa berasal dari periklanan di media yang
banyak membahas mengenai fashion dan juga memiliki web atau blog pribadi untuk
memasarkan produk fashion yang kita hasilkan.
2.
Memberikan Kualitas produk dan pelayanan
harus yang terbaik
Kualitas produk dan pelayanan tetap merupakan hal yang harus
diperhatikan, karena meskipun merk kita tidak dikenal luas, jika produk fashion
kita memiliki kualitas dan pelayanan yang baik, maka hal tersebut bisa membuat
pembeli mau untuk membeli produk kita bahkan memasarkannya secara word of
mouth kepada rekannya yang lain. Pemasaran secara word of
mouth merupakan pemasaran yang paling efektif, karena itu sangat penting
untuk memperhatikan kualitas dan pelayanan di dalam bisnis fashion agar pembeli
mau untuk melakukan repeat order kepada kita.
3.
Memberikan personal touch
Personal touch merupakan hal yang tidak boleh kita lupakan, karena
tanpa personal touch, produk kita tidak akan memiliki nilai jual yang special
dibandingkan yang lain. Personal touch di dalam fashion business memang
penting, karena hal tersebut memberikan ciri khas terhadap produk fashion kita
dan hal tersebut membuat kita mampu untuk bersaing di dalam fashion business.
4.
Menghasilkan dan menjual fashion yang sedang tren in
Mengikuti tren yang sedang in memang merupakan hal yang harus
diperhatikan di dalam fashion business, karena bagaimanapun orang seringkali
lebih mencari tren yang sedang in daripada gaya fashion lainnya. Akan tetapi,
jika pembeli kita memiliki pesanan khusus, tetap hal tersebut harus diperhatikan,
karena pelayanan yang terbaik merupakan salah satu hal penting yang
diperhitungkan pembeli. Bagi
pelanggan setia kami akan berikan harga penawaran yang bagus dan discount yang
menarik.
5.
Maksimalkan periklanan dengan
media yang tepat
Periklanan tetap merupakan hal yang tidak boleh dilupakan di dalam
pemasaran, tidak terkecuali dalam memasarkan produk fashion. Orang akan selalu
mengingat produk fashion kita jika hal tersebut sering ia lihat atau dengar di
media. Namun, pemasaran juga harus mencari media dengan sasaran pembaca atau
pendengar yang tepat, karena hal itu sangat menentukan keberhasilan di dalam
memasarkan produk fashion yang kita hasilkan.
4.
RENCANA OPERASIONAL
a. Deskripsi lokasi
Pengelolaan
tempat akan dilakukan di Permata Depok Regency Cluster Emerald B7/53 Depok.
Dengan luas bangunan yang dibutuhkan kurang lebih 200 m2 berdiri di atas lahan
+- 300 m2 . Dengan infrastruktur yang ada , dan juga memiliki kapasitas parkir
yang luas guna mendukung pengembangan perusahaan.
b. Denah tempat
c. Fasilitas
Adapun fasilitas
yang diperlukan untuk menunjang yaitu sebagai berikut:
- Dua unit Laptop
dilengkapi dengan webcam dan internet
- Enam unit Desktop computer dilengkapi dengan
webcam dan internet
- Printer all in one
- Dua Wireless untuk penggunaan internet
- Kamera dengan resolusi yang cukup tinggi
- 1 unit genset kapasitas
1200 watt.
- 4 unit AC
- Kendaraan
5.
KEBUTUHAN DAN PENDANAAN
Kebutuhan investasi
terdiri dari dua macam yaitu investasi aset dan investasi tunai. Investasi aset
berasal dari semua aset yang dikelola oleh manajemen The Paradise Boutique, Investasi tunai
berasal dari berbagai pihak yang tertarik terhadap bisnis perusahaan. Total
biaya kebutuhan investasi tunai tertera dalam tabel berikut ini.
Investasi Tunai
|
Satuan
|
Jumlah
|
Harga
|
Anggaran
|
Pembutan Badan Usaha
|
unit
|
11
|
Rp15.000.000
|
Rp 15.000.000
|
Izin Sewa Bagunan
|
unit
|
1
|
Rp30.000.000
|
Rp 30.000.000
|
Kendaraan Pendukung
|
unit
|
2
|
Rp15.000.000
|
Rp 30.000.000
|
Mesin Produksi
|
unit
|
2
|
Rp.25.000.000
|
Rp.50.000.000
|
Peralatan Operasional
|
||||
1. Laptop
|
unit
|
2
|
Rp11.000.000
|
Rp
22.000.000
|
2. Desktop Computer
|
unit
|
6
|
Rp 5.000.000
|
Rp
30.000.000
|
3. Printer
|
unit
|
1
|
Rp 2.800.000
|
Rp 2.800.000
|
4. Wireless
|
unit
|
2
|
Rp 720.000
|
Rp 1.440.000
|
5. Kamera DSLR
|
unit
|
1
|
Rp 8.000.000
|
Rp 8.000.000
|
6 Genset kapasitas 1200 watt
|
unit
|
1
|
Rp 2.000.000
|
Rp 2.000.000
|
7. AC
|
unit
|
4
|
Rp 2.500.000
|
Rp
10.000.000
|
Biaya pemasokan 3 bulan pertama
|
unit
|
3
|
Rp10.000.000
|
Rp 30.000.000
|
Total
|
Rp
231.240.000
|
Berikut ini adalah biaya operasional yang dikeluarkan tiap bulan:
Biaya
|
Satuan
|
Jumlah
|
Harga
|
Anggaran
|
Gaji Karyawan
|
Unit
|
11
|
Rp 24.050.000
|
Rp 24.050.000
|
Listrik
|
Unit
|
1
|
Rp 2.000.000
|
Rp
2.000.000
|
Perawatan gedung
|
Unit
|
1
|
Rp
2.000.000
|
Rp
2.000.000
|
Perawatan Peralatan Operasional
|
Unit
|
1
|
Rp
2.000.000
|
Rp
2.000.000
|
Perawatan Kendaraan
|
Unit
|
2
|
Rp 500.000
|
Rp
1.000.000
|
Penyusutan Kendaraan
|
Unit
|
2
|
Rp 500.000
|
Rp 1.000.000
|
Bahan Bakar Kedaraan
|
Liter
|
300
|
Rp 6.000
|
Rp
1.800.000
|
Distribusi Barang
|
bal
|
2
|
Rp
5.000.000
|
Rp
6.000.000
|
Total Pengeluaran
|
Rp 39.050.000
|
Investasi
tunai yang dibutuhkan sebesar Rp. 231.240.000,- sedangkan sebagai investasi aset senilai Rp 363.600.000,- sehingga investasi totalnya menjadi Rp. 594.840.000,-
Proyeksi Finansial
Laba dihitung dari selisih omset satu tahun dikurangi biaya
produksi selama setahun Profit investasi
didapatkan dari laba dikurangi laba ditahan (20% dari laba), yang meliputi:
penelitian dan pengembangan usaha (10%) dan bonus karyawan (10%).
Worst Case Scenario
Worst Case Scenario yang diperkirakan ada 2
kemungkinan, yaitu
1.
kondisi penjualan minimum
Apabila proyeksi penjualan tidak sesuai dengan perencanaan / target, maka kondisi penjualan minimum yang harus
diupayakan sehingga biaya biaya produksi tertutup. proyeksi penjualan Worst Case Scenario senilai 50 % dari proyeksi awal.
Strategi yang akan dilakukan untuk keluar dari kondisi penjualan terburuk adalah:
Melakukan penyesuaian anggaran terhadap biaya operasional sesuai dengan kondisi penjualan.
Biaya operasional bulanan, sehingga biaya operasional dapat tertutupi oleh total penjualan.
Agresif marketing: secara aktif meningkatkan penjualan jasa pengelolaan dan promosi di internet
terutama jejaring sosial.
2. Over Order
Over Order terjadi apabila input permintaan barang melebihi daya tampung perusahaan akibat produksi penjahit dan desainer yang terhambat. Kondisi ini tentu saja akan sangat menguntungkan bagi perusahaan, namun disisi lain dapat merugikan apabila tidak ditangani dengan baik akan mengakibatkan menurunnya kepercayaan konsumen.
Strategi yang akan dilakukan untuk keluar dari kondisi ini adalah:
·
Memberikan diskon besar kepada penjahit model dan desainer, sehingga produk terserap sebanyak-banyaknya.
·
Melakukan pembelian sekala besar kepada supplyer guna memenuhi kebutuhan permintaan/konsumen yang meningkat.
·
Melakukan outsourcing supplyer, sehingga barang yang masuk langsung dipilah dan dikirimkan ke penampung/gudang hari itu juga, sehingga diharapkan volumenya meningkat 50%.
3.
Pendanaan dan Kerjasama
Total modal awal yang
dibutuhkan untuk usaha ini adalah Rp. 594.840.000,- yang berupa investasi tunai sebesar Rp. 231.240.000,- dan aset The Paradise Boutique sebesar Rp 363.600.000,-.
Kami mengharapkan
dana tersebut diperoleh dari :
1.
Modal para pendiri perusahaan
2.
Para Investor yang tertarik dengan bisnis fashion.
3.
Sumber Pendanaan yang lain ( pinjaman bank )
Bagi investor, profit
sharing dibagi dari profit investasi (80 % dari laba bersih). Dari keuntungan
tersebut, ditentukan persentase bagi hasil untuk pihak manajemen dan investor.
Jika terdapat lebih dari satu investor, maka persentase bagi hasil untuk
investor ditentukan berdasarkan modal yang diberikan relatif terhadap total
kebutuhan investasi.
Skenario pembagian
keuntungan adalah sebagai berikut :
Instansi/ perorangan
|
Jenis investasi
|
Nominal
|
Sumbangan share ke pengelola
|
Share kepemilikan
|
Ekspektasi hasil dari investasi (per tahun)
|
Cantique Boutique
|
Aset
|
363.600.000
|
18%
|
50%
|
21,76%
|
Investor
|
Tunai
|
231.240.000
|
7%
|
25%
|
23,95%
|
Tim
Pengelola
|
Floating
|
25%
|
- PENUTUP
Demikian
proposal ini kami susun untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
Dokumen proposal
ini disusun bagi investor yang tertarik dalam dunia fashion. Kami harapkan
kerjasama ini bisa mendorong kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri
dan belanja secara online, sehingga dapat mempermudah untuk mendapatkan suatu
produk terutama fashion yang kami tawarkan tanpa harus datang ke toko dan juga
untuk memenuhi kebutuhan akan fashion yang tinggi. Untuk itu kami mohon bantuan
dari pihak yang berwenang agar pendirian THE PARADISE BOUTIQUE dapat
terlaksana dengan baik.
Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.
Depok, April 2012
Tim
pendiri The Paradise
Boutique
Komentar
Posting Komentar