Sahabat

Nah hari ini ika akan share mengenai apa itu sahabat? Mungkin teman-teman mempunyai banyak teman tapi bukan sahabat yang sesungguhnya. Kenapa? Karena kebanyakan teman yang kita temui hanya teman untuk bersenang-senang saja. Namun ketika dalam ada masalah atau duka mereka akan menjauh. Hanya sedikit teman yang mau mendengarkan keluhan kita namun ingin didengarkan. Itulah beda antara sahabat dengan teman. Sahabat itu tidak mengenal umur , jenis kelamin , harta maupun pangkat. Semua seakan ringan jika kita mempunyai sahabat. Terkadang sahabat itu bukan hanya teman sejawat kita namun bisa jadi sahabat itu orang tua kita sendiri, saudara , pacar ataupun orang yang mungkin umurnya beda dengan kita. Awalnya hanya karena merasa nyaman karena senang didengarkan dan ketika sahabat itu memberikan solusi maka hati kita berasa tenang.
Sahabat itu bukan hanya menghampiri kita ketika butuh , namun mereka yang tetap ada bersama kita disaat seluruh dunia menjauh. Sahabat adalah orang yang tahu bahwa ada kesedihan di mata kita ketika semua orang percaya dengan senyuman yang ada di wajah kita. Karena terkadang kita merasa orang paling kuat dengan memendam semua masalah yang ada. Bersedih dengan orang yang tepat lebih baik daripada berbahagia dengan orang salah.
Untuk itu jangan sampai salah dalam memilih sahabat. Indahnya persahabatan adalah saat kita memberi tak mengharapkan balasan. Ada tawa saat dalam kesedihan . Tidak ada yang sempurna begitu juga dengan sahabat kita. Ketika sahabat kita berbuat salah maka kita akan menemukan sebuah alasan untuk memaafkan mereka. Sahabat itu seperti bintang , dia terkadang tak selalu terlihat tapi kita tahu dia selalu ada di sana.
Ketika kita dihadapkan dengan suatu masalah maka sahabat kita akan selalu menyediakan waktu untuk mendengarkan dan menjadi pendengar terbaik kita. 
Kenali sahabat kita yang ada disamping kita. Sahabat akan mengulurkan tangannya saat kita terjatuh, menangis ketika kita menangis dan tersenyum saat kita bahagia. Sebaliknya kita juga harus seperti itu agar persahabatan dapat terjaga. Sahabat kita akan selalu memberikan semangat , memberikan waktu disaat tawa hadir maupun dikala air mengalir. Jika Tuhan menciptakan pelangi untuk mengindahkan langit , maka Tuhan menciptakan sahabat untuk keindahan hidup. Sahabat bukan tentang siapa yang telah lama kita kenal, tapi tentang siapa yang menghampiri hidup kita dan tak pernah meninggalkan kita. So beruntunglah teman-teman yang mempunyai sahabat seperti itu.
Namun ada beberapa hal yang membuat persahabat menjadi putus? apakah itu?
1. Persahabatan yang tidak terbalas
Kita berada pada posisi di mana kita sudah melakukan segalanya untuk sahabat kita tapi sahabat tidak melakukan apa apa untuk kita. Jika hal ini terjadi maka alangkah baiknya persahabatan ini di akhiri. Karena sahabat yang seperti ini tidak akan menghargai usaha sebanyak yang kita lakukan. Dan dampaknya kita menjadi sakit hati sendiri. So akhiri sebelum semua makin memburuk.
2. Mengkhianati
Salah satu aturan tak tertulis dalam persahabatan adalah kita harus berdiri di satu posisi yang sama satu sama lain. Jika sahabatmu tidak memberikan dukungan terhadapmu atau menusuk dari belakang dengan melakukan sesuatu terhadap kita itu berarti dia telah mengkhianati kita. pengkhianatan adalah salah satu alasan yang umum untuk mengakhiri sebuah persahabatan .
3. Persahabatan meregang karena jarak
Kadang-kadang perpisahan dari persahabatan terjadi secara alami dimana satu titik dalam hidup kita dan mereka harus menempuh jalur yang berbeda. Ini sangat sering terjadi , terutama bila kita melanjutkan sekolah di kota atau negara yang berbeda. Komunikasi menjadi jarang terjadi dan apa yang terjadi persahabatanpun putus .
4.Sering dibohongi
Meskipun kebohongan putih tidak dapat diterima dalam persahabatan apapun , mungkin skenario ketika sahabat berbohong kepada satu sama lain untuk alasan tertentu. Tetapi ketika sahabat kita mulai terang-terangan berbohong kepada kita dan menyembunyikan sesuatu mungkin waktu yang tepat untuk mengakhiri persahabatan tersebut. Penting arti kejujuran harus dipertahankan dalam kehidupan siapa saja termasuk dalam hubungan persahabatan.
5. Sahabat mencuri dari kita
Ketika sahabat ingin barang yang kita miliki maka mereka dapat meminjam . Tetapi saat sahabat mencuri barang kita untuk alasan apapun maka dia sudah melewati batas persahabatan. Dalam hal ini bisa jadi pacar kita yang dicuri oleh sahabat kita Ini berarti bahwa sahabat kita sudah tidak menghormati kepercayaan yang kita berikan dan secara terbuka menyalahgunakan untuk kepentingan pribadi. Padahal jika dia mengatakan sesungguhnya atau ada masalah maka kita akan dengan senang hati akan membantunya.
6. Pertengkaran
Persahabatan akan terjalin apabila ada komunikasi yang baik dan saling percaya satu sama lain. Ini merupakan satu proses yang membutuhkan waktu untuk diuji apakah sahabat kita bisa dikatakan sahabat. Ada benar-benar tidak ada gunanya melanjutkan persahabatan dengan seseorang jika kita selalu bertengkar dan bertengkar. Jika kita tidak bisa menyelesaikan perbedaan kita maupun mencapai beberapa kesamaan maka itu berarti kita tidak menjadi sahabat satu sama lain. 

Jika sahabat adalah orang yang penting untuk kita maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar hubungan persahabatan itu tidak putus atau kandas ?
1. Minta Maaf 
Minta maaf bukan berarti kita kalah atau bersalah, sebaiknya ini adalah cara termudah untuk memperbaiki sebuah persahabatan yang rusak. Cara ini membuktikan bahwa kita orang yang besar hati dan menyesali apa yang telah terjadi.
2. Ekspresikan rasa kehilangan
Persahabatan yang gagal tentu membuat setiap orang sedih, tetapi kita mungkin tidak tahu rasa kehilangan. Ungkapkan seacra lisan bahwa kita merasa kehilangan persahabatan tersebut. Nah jika sahabat kita itu juga merasakan hal yang smaa maka hubungan tersebut dapat diperbaiki.
3. Jangan mengabaikan sahabat.
Konflik yang terjadi mungkin masih menyisakan sedikit amarah atau rasa kesal. Tetapi jangan abaikan sahabat kita. Jika dia menelpon atau mengirimkan pesan maka tak ada salahnya untuk menjawab/membalas. Tak ada orang suka diabaikan , terutama oleh seseorang yang dahulu sangat dekat . Jadi cobalah untuk memberikan kesempatan dna mendengarkan apapun yang mereka katakan.
4. Berikan waktu untuk menyembuhkan diri
Waktu akna menyembuhkan luka. Termasuk ketika kita menyinggung perasaan sahabat sehingga membuat persahabatan tersebut kandas. Berikan sedikit ruang untuk menyembuhkan diri dan melupakan apa yang terjadi. Ketika dia sudah siap untuk berbicara dengan kita lagi maka kita bisa mulai mendekat secara bertahap.
Bagaimana teman-teman? Sudahkah sahabat yang kalian temukan seperti pengertian di atas. Alangkah senangnya jika kita memang menemukan sahabat seperti itu. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal Data Flow Diagram (DFD)

Sinopsis Canola ( 2016 )

Soal UAS PTSI (Pengantar Teknologi Sistem Informasi ) Gunadarma