Cara membagi waktu antara Kuliah dengan Kerja?

Teman-teman , pernahkah terpikirkan oleh kalian untuk kerja sembari kuliah? Sekilas untuk melaksanakan 2 hal sekaligus itu sangatlah berat. Ada juga yang berpendapat bahwa kuliah sambil bekerja itu sangat tidak mungkin. Karena dapat menambah tingkat stress tinggi. Di kantor tugas menumpuk seambreng tambah lagi tugas kuliah yang makin lama makin banyak. Kapan liburannya?

Satu hal yang perlu ditanamkan dalam diri bahwa jangan pernah katakan bahwa kita tidak bisa. Tapi tanamkan dalam diri bahwa kita bisa, tak ada yang sia-sia kalau kita berusaha . Keuntungan melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi adalah investasi jangka panjang untuk karir kita . Terkadang stress dapat muncul saat menjalaninya. Tapi jika kita bisa mendisiplinkan diri dan cermat dalam membagi waktu maka Insyaallah itu akan terasa lebih ringan. Dan kita pasti bisa melewatinya.

Ada beberapa tips khusus yang dapat ika bagi kali ini , di antaranya :
1. Siapkan diri
    Saat memutuskan untuk bekerja sambil kuliah maka kita harus mempersiapkan diri dan mental terlebih dahulu. Persiapan yang dimaksud adalah kesiapan untuk membagi waktu dan pekerjaan yang akan ditangani. Pastikan kerjaan tidak terganggu karena kita kuliah. Kemudian tanyakan pada diri kita sendiri " apakah kita memiliki keinginan untuk menjawab semua kebutuhan masa depan kita. Jika kita nyakin maka let's do it.

2. Pandai mengatur waktu
    Kita harus bisa membagi waktu sebaik mungkin . Kita harus membuat rencana 2 atau 3 langkah ke depan. Artinya bila ada waktu maka mulailah untuk mencicil pekerjaan dan tugas . Jangan pernah untuk melalaikan dan membiarkan tugas-tugas jatuh tempo. Jika hal itu terjadi maka semua akan berantakan. Pokoke gunakan waktu seefektif mungkin.

3. Belajar pada malam atau pagi hari
    Jika kita pagi hingga sore bekerja maka biasanya kuliah pasti kalau bukan malam maka waktu weekend. Trus kapan belajarnya donk? Teman-teman pasti sering bertanya bagaimana cara belajar padahal waktu udah begitu padat. Nah ini ika ungkapkan rahasianya. Berhubung ika kuliah mlam maka pulang kuliah ika instirahat terlebih dahulu, kemudian hidupkan alarm jam 3 pagi. Jam 3 pagi ika sholat tengh malam dulu kemudian lanjut dech baca buku semampu ika. Biasanya sich 1 lembar tiap harinya. Paling menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit. Kemudian tidur lagi dech. Biar besok ga ngantuk di kantor. 

4. Tentukan Prioritas
    Bagaimana kita menentukannya padahal 2 hal itu adalah hal yang sangat penting? Nah ika ada usul nih, biasanya ika juga jalankan cara ini. Ika akan prioritaskan kuliah jika masa ujian datang jadi ika akan ajukan ke pimpinan kantor untuk memberikan izin untuk tidak tugas luar saat ujian datang. Ketika perkuliahan hanya berjalan biasa maka ika konsentrasi terhadap pekerjaan.

5.Jangan lupa refreshing
   Biar teman-teman tidak begitu stress  maka gunakanlah waktu libur semaksimal mungkin untuk refreshing. Jika teman-teman anak rumahan maka manjakan diri dengan melakukan hal yang disukai seperti nonton movie atau karaokean. Itu mah hobby ika...ha...ha. Pokoke jangan biarkan pikiran menjadi jenuh meskipun hari-hari dipenuhi dengan aktivitas kuliah dan kerjaan. Hal ini cukup efektif untuk mencharge motivasi dan semangat kita.

6. Cari dukungan 
    Biar dalam menjalankan kuliah dan kerja makin lancar maka mintalah dukungan dari orang-orang di sekeliling kita untuk mensupport apa yang kita lakukan. Misal keluarga, teman-teman dan juga orang kantor. Jadi teman-teman tidak akan merasa sendiri. Support itu adalah sesuatu yang dapat membangkitkan motivasi.

7. Membuat Planning harian
    Mulailah untuk menulis catatan kecil untuk aktifitas yang akan kita lakukan tiap harinya. Jadi saat nyampai kantor kita siap dengan list yang dapat melancarkan kerjaan kita.

Mungkin hanya itu yang dapat ika share y teman-teman. Tuntutlah ilmu itu hingga ke negeri cina. Itu pepatah yang selalu ika dengar. Jangan jadikan pekerjaan hambatan untuk meraih cita-cita

Komentar

  1. yang terutama sich, manajement waktu ya kawan, jangan tunda2 TUGAS Kampus.....kalau sudah di tunda2 ini ni yang buat berabe besar!!!!! bisa keteteran dech.....bisa rumah sakit mainnya wkwkwkwkwkwk

    semangat bu Dosen

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkw...jangan panggil itu kawan. Kita hanya orang yang ingin menambah ilmu dan pengalaman.Semoga ilmunya bisa bermanfaat bagi yang lain

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal Data Flow Diagram (DFD)

Sinopsis Canola ( 2016 )

Soal UAS PTSI (Pengantar Teknologi Sistem Informasi ) Gunadarma