Tips Sidang Compre Gunadarma

Beberapa waktu lalu ika sudah melakukan sidang compre. Alhamdulillah lulus. Banyak yang bertanya kenapa ika tidak mengambil sidang skripsi. Sebenarnya mau sih, namun ya itu waktu  buat konsultasi ke dosen itu yang agak sulit. Hal ini disebabkan karena ika kerja sambil kuliah.
Teman-teman yang akan mau sidang compre, berikut ika share beberapa tips ampuh ( wkwk udah di coba dan alhamdulilah berhasil khusus yang sedang kerja ) :

  1. Saat pulang kerja, jangan langsung buka buku. Tapi silahkan istirahat dulu beberapa jam. Pastikan pikirannya sudah relax.
  2. Bangun jam 3 pagi. 
  3. Lakukan sholat malam dan lanjutkan baca materi yang akan diuji saat compre.
  4. Mulailah mencicil bahan uji compre mulai 3 minggu sebelumnya. Pastikan baca SAP .. jangan bilang pada ga tahu SAP.
  5. Rekam suara saat baca bahan. Dan putar rekaman tersebut dikala lagi malas baca buku. Biasanya belajar melalui pendengaran itu lebih baik daripada baca.
  6. Buat ringkasan materi ujian compre dan kumpulkan soal-soal yang mungkin muncul ketika sidang. Biasanya soalnya kebanyakan tentang implementasi. Bagi yang kerja, dianjurkan pilih paket yang sesuai dengan bidangnya. Agar mudah dalam menjawab.
  7. Belajar kelompok untuk menguji seberapa jauh kita sudah menguasai bahan compre. Gunakan metode belajar yang digunakan dalam drama jepang zakura dragon. Bagi teman yang belum tahu tentang drama ini. Silahkan ditonton dulu ...ups kok jadi nonton. Cara belajarnya lempar tangkap. Jadi saat teman mengajukan pertanyaan maka jawablah segera mungkin. Setelah pertanyaan tersebut di jawab, gantian kita yang bertanya ke teman tersebut. Pastiakn teman belajarnya juga memilih paket ujian yang sama.
  8. Ketika Sidang tiba, pastikan istirahat cukup, jangan sampai mengantuk.
  9. Pelajari juga PI ( penulisan ilmiah ), coba hubungkan antara paket ang diambil dengan PI
  10. Tenangkan diri saat sidang, pastikan jangan blank. Saat dosen bertanya , usahakan menjawab secepat mungkin. Jangan pernah ada kata...mm..atau saya ga tahu .
  11. Nah ini nih yang paling penting Usaha, slalu berdoa dan minta restu orang tua sebelum sidang. Insyaallah sidangnya lancar.
Nah teman-teman jika langkah ini dilakukan dengan rutin. Insyaallah sidang comprenya lancar. Dan jangan coba-coba belajar satu hari sebelum ujian. Dan ingat tidak ada pelajaran yang sulit, jika kita belajar. Anggaplah dosen penguji itu sebagai teman, sehingga kita dapat relax dan bisa sebagai tempat share ilmu.

Sekedar info, jika teman-teman namanya masuk gelombang 1 maka itu lulus semua. Namun jika namanya masuk gelombang 2 maka siap-siap mendapat info sedih yakni bisa lulus, lulus bersyarat dan tidak lulus. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal Data Flow Diagram (DFD)

Sinopsis Canola ( 2016 )

Soal UAS PTSI (Pengantar Teknologi Sistem Informasi ) Gunadarma