Customer Relationship Management (CRM)
Bicara tentang CRM maka kita membahas tentang customer / pelanggan.
Pengertian Customer Relationship Management ( CRM )
Pengertian Customer Relationship Management ( CRM )
- Manajemen Hubungan Pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM)adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan , menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi.
- CRM adalah usaha untuk menyediakan jembatan strategis antara teknologi informasi dan strategi pemasaran yang bertujuan untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan pelanggan serta profitabilitas.
- CRM adalah suatu jenis menajemen yang secara khusus membahasa teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya dengan tujuan meningkatkan bilai perusahaan dimata pelangganya
- CRM adalah suatu proses untuk mendapatkan, mempertahankan, dan mengembangkan pelanggan yang menguntungkan.
- CRM beruhubuangan dengan data-data transaksional yang disajikand dalam bentuk data mining/data warehouse dan report.
Fungsi-fungsi CRM
- Mengidentufikasi factor-faktor yang penting bagi pelanggan
- Mengusung falsafah customer-oriented
- Mengadopso pengukuran berdasrkan sudut pandang pelanggan
- Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan
- Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna
- Menangani keluhan/complain pelanggan
- Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan
- Membuat informasi holistic tentang informasi layanan dan penjualan pelanggan.
Sasaran dan Tujuan CRM
Sasaran CRM adalah meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan pelanggan
Tujuan utama CRM adalah menyediakan umpan balik yang lebih efektif dan integrasi yang lebih baik dengan pengendalian return on investment (ROI)
Elemen-elemen CRM
- Aturan bisnis : tergantung dari kompleksitas transaksi , aturan bisnis harus dibuat untuk memastikan bahwa transaksi dengan pelangan dilakukan dengan efisien.
- Data warehouse : konsolidasi dari informasi tentang pelanggan harus dilakukan dalam satu sistem terpadu
- Situs (Web) : aplikasi berbasis situs yang dapat mendukung kemampuan swalayan secara online.
- Reporting / Laporan : menghasilkan laporan yang akurat dan komprehen untuk menganalisis kelakuan pelanggan.
- Helpdesk : mengintegrasikan informasi pelanggan ke aplikasi helpdesk yang akan menunjukkan ke pelanggan seberapa serius sebuah enterprise menangani pelanggannya.
Tipe / Varian CRM
- Operational CRM
Operational CRM mendukung proses bisni
dari “Front Office”, contohnya bagian pemasaran dan staff pelayanan. Interaksi dengan pelanggan secara umum disimpan
dalam catatan kontak pelanggan, dan staff dapat mengambil informasi mengenai
pelanggan jika diperlukan.
Ada beberapa data yang diproses pada Operational
CRM, yaitu :
- Mengelola iklan
- Otomasi pemasaran perusahaan
- Otomasi tugas pemasaran
- Sistem manajemen pemasaran
- Analytical CRM
Analytical CRM menganalisis data pelanggan
untuk berbagai keperluan, yaitu :
- Merancang dan menjalankan iklan pemasaran yang ditargetkan.
- Merancang dan menjalankan iklan, contohnya akuisis pelanggan, cross-selling , up-selling
- Menganalisa perilaku pelanggan dalam rangka untuk membuat keputusan yang berhubungan dengan produk dan pelayanan (contohnya, penetapan harga, pengembangan produk)
- Sistem informasi manajemen (contohnya, perencanaan keunagan dan pelanggan yang memberikan keuntungan)
Analytical CRM secara umum membuat
pengguanaan data mining dan teknik lainnya untuk mengeluarkan hasil yang
berguna untuk pengambilan keputusan.
- Sales Intelligence CRM
Sales Intelligence CRM adalah alat
penjualan secara langsung. Fitur-fiturnya termasuk memberikan peringatan
kepada staff penjualan yang berkenaan dengan :
- Cross-selling/up-selling/switch-selling opportunities
- Customer drift
- Sales performance
- Customer trends
- Customer margins
- Customer alignment
- Campaign Management
Campaign management mengkombinasikan
elemen-elemen dari Opertaional dan Analitycal CRM. Fungsi dari campaign management antara
lain :
- Pembentuka grup target berdasarkan kriteria pemilihan klien
- Mengirimkan materi yang berhubungan dengan iklan (contohnya pada penawaran khusus) untuk penerimaan yang dipilih menggunakan kanal-kanal yang bervariasi (contohnya email, telepon, sms , pos)
- Penjjejalan, penyimpanan dan menganalissis statistic iklan, termasuk penjejakan response dan mengalisis tren
- Collaborative CRM
Collaborative CRM meliputi
aspek-aspek perjanjian perusahaan dengan pelanggan yang ditangani oleh beberapa
departemen dalam perusahaan , seperti penjualan, technical support dan
pemasaran. Tujuan utama dari tipe ini adalah penggunaan
informasi kolektif oleh semua departemen untuk meningkatkan kualitas pelayanan
yang diberikan oleh perusahaan.
- Consumer Relationship CRM
Cunsomer Relationship CRM meliputi aspek –
aspek perjanjian perusahaan dengan pelanggan yang ditangani oleh pusat kontak customer
affair dancustomer relations dalam sebuah perusahaan.
Model CRM
Vendor CRM
- Oracle
- Siebel
- Peoplesoft
- salesforce.com
- Amdocs
- Microsoft
Daftar Pustaka :
Komentar
Posting Komentar