Data Warehouse

Nah kali ini ika akan menshare tentang data warehouse. Sebenarnya waktu S1 dulu ika sempat belajar data warehouse tapi y itu dech udah lupa dan kebetulan yang dibahas hanya segelintir saja.

Apa itu Data Warehouse?
 Data Warehouse adalah kumpualn data yang berorientasi objek , terintegrasi ,time variant dan non volatile untuk mendukung proses pengambilan keputusan. Biasanya data ini digunakan oleh bagian top managemen dalam suatu perusahaan.

Menurut W.H Inmon dan Richard D.H data warehouse adalah koleksi data yang mempunyai sifat berorientasi subjek,terintegrasi,time varient dan bersifat tetap dari koleksi data dalam mendukung proses pengambilan keputusan management.

Menurut Vidette Poe data warehouse merupakan database yang bersifat analisis dan read only yang digunakan sebagai fondasi dari sistem penunjang keputusan.

Secara fisik data warehouse adalah database, tapi perancangan data warehouse dan database sangat berbeda. Dalam perancangannya database trandisional menggunakan normalisasi sedangkan pada data warehouse normalisasi bukanlah cara yang terbaik.

Istilah yang berhubungan dengan Data Warehouse

Data Mart adalah suatu bagain pada data warehouse yang mendukung pembuatan laporan dan analisa data pada suatu unit, bagian atau operasi pada suatu perusahaan.

Online Analytical Procesing (OLAP) adalah suatu pemprosessan database yang menggunakan tabel fakta dan dimensi untuk dapat menampilkan berbagai macam bentuk laporan,analisis , query dari data yang berukuran besar.

Online Transaction Processing ( OLTP) adalah suatu pemprosesan yang menyimpan data mengenai kegiatan operasional transaksi sehari-hari.

Dimension Table adalah tabel yang berisikan kategori dengan ringkatan data detail yang dapat dilaporkan sebagai dimensi waktu ( yang berupa perbulan,perkwartal dan pertahun)

Fact table adalah tabel yang umumnya mengandung angka dan data history dimana key (kunci) yang dihasilkan sangat unit karena key tersebut sendiri terdiri dari foregn key yang merupakan primery key dari beberapa dimesion tabel yang berhubungan.

DSS ( Decission Support System ) adalah sistem yang menyediakan informasi kepada pengguna yang menjelaskan bagaimana sistem ini dapat menganalisa situasi dan mendukung suatu keputusan yang baik.

Karakteristik Data Warehouse
Bersifat berorientasi Subjek

Di dalam Data Warehouse diperoleh berdasarkan enterprise subject seperti dari customer,product dan sales, dan di disain bukan pada proses ataupun aplikasi tertentu melainkan untuk menganalisa data berdasarkan subject-subject tertentu dalam organisasi.

Data Warehouse mengorganisasikan subjek utama perusahaan (pelanggan , produk,dan penjualan) , bukan area aplikasi utama (faktur ,pelanggan,pengawasan stok,dan penjualan produk). Hal ini menggambarkan kebutuhan untuk menyimpan data pendukung keputusan daripada aplikasi yang berorientasi  data.

Bersifat Integrated
Data warehouse dapat menyimpan data-data yang berasal dari sumber-sumber yang terpisah ke dalam format yang konsisten  dan saling terintegrasi satu dengan lainnya. Pengambilan secara bersamaan sumber data yang berasal dari sistem aplikasi berbagai perusahaan besar yang berbeda. Sumber data sering tidak konsisten , misal berbeda format. Sumber data yang terintegrasi harus dapat dibuat konsisten untuk menggambarkan view gabungan data ke pemakai.
Syarat integrasi sumber data dapat dipenuhi dengan berbagai cara seperti konsisten dalam penamaan variable,konsisten dalam ukuran variabel,konsisten dalam struktur pengkodean dan konsisten dalam atribut fisik dari data.

Bersifat Time Variant
Data Warehouse hanya akurat dan valid pada saat tertentu atau beberapa interval waktu tertentu. Untuk melihat interval waktu yang digunakan dalam mengukur keakuratan suatu data warehouse dapat menggunakan 3 cara yakni :
  1. Menyediakan data warehouse pada rentang waktu tertentu ,misalnya anatar 5sampai 10 tahun ke depan
  2. Dengan mengunakan variasi /perbedaan waktu yang disajikan dalam data warehouse baik implisit maupun explisit dengan unsur waktu dalam hari,minggu dan bulan.
  3. Variasi waktu yang disajikan data warehouse melalui serangkaian snapshot yang panjang .Snapshot merupakan tampilan dari sebagian data tertentu sesuai keinginan pemakai dari keseluruhan data yang ada bersifat read only.


Data Warehouse bersifat Non Volatile
Data tidak diperbaharui secara realtime tetapi diperbaharui oleh sistem operasional secara reguler. Data baru selalu ditambahkan sebagai lampiran pada basis data bukan menggantikan data yang lama.

Arsitektur Data Warehouse
Keterangan gambar :
Sumber Data untuk Dtaa Warehouse :
  1. Data Operasional dalam organisasi misal basis data pelanggan dan produk
  2. Sumber Eksternal yang diperoleh misalnya mellaui internet , basis data komersial , basis data pemasok dan pelanggan.

Berbagai data yang berasal dari sumber digabungkan dan diproses lebih lanjut oleh manajer data warehouse dan disimpan dalam basis data tersendiri. Selanjutnya perangkat lunak seperti OLAP dan data mining dapat digunakan oleh pemakai untuk mengakses data warehouse.

Alur Data Warehouse :
  1. Inflow : mengekstrasian , pembersihan dan pemuatan sumber data
  2. Upflow : menambahkan nilai data ke dalam warehouse melalui ringkasan ,pemaketan dan pendistribusian data.
  3. Downflow : pengarsipan dan back up data ke dalam warehouse.
  4. Outflow : membuat data agar tersedia untuk pemakaian akhir
  5. Meta Flow : pengaturan meta data
Kegunaan Data Warehouse
Mempermudah pembuatan aplikasi-aplikasi DSS dan EIS karena memang kegunaan dari data warehouse adalah khusus untuk membuat suatu database yang dapat digunakan untuk mendukung proses analisa bagi para pengambil keputusan.

Tugas-Tugas Data Warehouse
  1. Pembuatan laporan
  2. Online Analytical Processing (OLAP)
  3. Data Mining
  4. Proses Informasi Executive
Sekilas dibahas tentang data warehousenya.

Daftar Pustaka :
http:www.academia.edu
http:www.gunadarma.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal Data Flow Diagram (DFD)

Sinopsis Canola ( 2016 )

Soal UAS PTSI (Pengantar Teknologi Sistem Informasi ) Gunadarma