Sistem Informasi Asuransi dan Keuangan

Gambar Umum Perusahaan Asuransi

Pengertian Asuransi

Asuransi adalah suatu kemampuan untuk menetapkan kerugian-kerugian kecil yang sudah pasti sebagai pengganti kerugian-kerugian yang belum pasti.

Menurut KUHD RI 
Asuransi adalah suatu perjanjian, di mana seorang penanggung mengikatkan diri pada tertanggung dengan menerima suatu premi, untuk member pengantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tidak tertentu.

Menurut Prof.Mehr dan Cammack
Asuransi adalah alat sosial untuk mengurangi resiko, dengan menggabungkansejumlah yang memadai unit-unit yang terkena resiko, sehingga kerugian-kerugian individual mereka secara kolektif dapat diramalkan. kemudian kerugian yang akan diramalkan itu dipikul merata oleh mereka yang tergabung.

Unsur-unsur dalam Asuransi

Dalam asuransi terkandung 4 unsur yakni :
  1. Pihak tertanggung ( insured )
  2. Pihak Pertanggung (insurer)
  3. Peristiwa (accident)
  4. Kepentingan (interest)
Jenis-jenis Usaha Asuransi

Dari segi sifatnya, asuransi terbagi atas :
  1. asuransi sosial atau asuransi wajib : asuransi dimana untuk ikut serta terdapat unsur keterpaksaan atau wajib bagi setiap warga negara ( yang memenuhi kriteria tertentu ). Asuransi ini diusahakan oleh pemerintah. Contoh : ASTEK, TASPEN,ASABRI dan BPJS
  2. Asuransi sukarela : asuransi yang tidak ada paksaan bagi siapapun untuk menjadi anggota/pembeli, setiap anggota bebas untuk memilih menjadi anggota . Biasanya asuransi ini diselenggarakan oleh swasta tetapi ada juga yang diselenggarakan oleh pemerintah. Contoh : PT.jiwasraya, PT.Jasa Indonesia dan Bumiputra
Dari segi Jenis Objeknya, asuransi terbagi atas :
  1. Asuransi Orang : meliputi asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi kesehatan,asuransi beasiswa, asuransi hari tua. Asuransi ini objek pertanggungannya manusia.
  2. Asuransi Umum atau asuransi kerugian : meliputi asuransi kebakaran, asuransi pengangkutan barang,asuransi kendaraan bermotor,asuransi penerbangan. Asuransi ini pertanggungannya adalah hak/harta atau milik kepentingan seseorang.
Jenis-jenis Asuransi

Jenis asuransi menurut bidangnya :
  1. asuransi jiwa : suatu bentuk kerja sama antara orang-orang yang menghindarkan atau minimal mengurangi resiko yang diakibatkan oleh resiko kematian, resiko hari tua, resiko kecelakaan. Biasanya kerjasamanya dikoordinir oleh perusahaan asuransi atas dasar hukum bilangan besar.
  2. asuransi kecelakaan diri : usaha untuk melindungi resiko finansial akibat kecelakaan seperti benturan keras,sentuhan benda keras dan luka. kecelakaan meliputi kecelakaan diri, kecelakaan tenaga kerja dan kecelakaandalam pengangkutan.
  3. asuransi sosial : asuransi yang mneyediakan jaminan sosial bagi anggota masyarakat, baik secara local,regional ataupun nasional.
  4. asuransi sosial tenaga kerja : perlindungan sosial bagi tenaga kerja, yang dilakukan melalui pola mekanisme asuransi yang dikelola oleh perum ASTEK.
  5. asuransi kesehatan : asuransi yang memberikan santunan kesehatan kepada seseorang berupa sejumlah uang untuk biaya pengobatandan perawatan, bila diluar kehendak dia diserang penyakit.
  6. asuransi kecelakaan penumpang : asuransi yang mengelola perlindungan sosial dalam kecelakaan penumpang dan lalu lintas jalan.
  7. asuransi kebakaran : pertanggung yang menjamin kerugian/kerusakan atas harta benda yang disebabkan oleh kebakaran yang terjadi karena api sendiri atau api dari luar karena udara buruk,kurang hati-hati, kesalahan atau perbuatan tidak pantasdari pelayan tertanggung.
  8. asuransi kredit : pertanggungan yang diberikan kepada pemberi kredit terhadap resiko kredit.
  9. asuransi rekayasa adalah pertanggungan yang diterapkan pada proyek-proyek pembangunan, yang berhubungan dengan rekayasa yang memberikan perlindungan dalam pelaksanaan pembangunan :
  10. asuransi perusahaan :asuransi pengiriman uang, asuransi penyimpanan uang.
kita lanjutkan besok lagi y.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal Data Flow Diagram (DFD)

Sinopsis Canola ( 2016 )

Soal UAS PTSI (Pengantar Teknologi Sistem Informasi ) Gunadarma