8 Kado Teristimewa dan Tak ternilai harganya

Nah teman-teman terkadang kita ingin memberikan kado teristimewa terhadap seseorang yang kita sayangi. Namun kadang kita hanya menilai bahwa kado itu adalah sesuatu yang mahal yang tidak dimilikinya. Tapi pernahkah teman-teman pikirkan bahwa bukan kado tersebut yang terkadang yang mereka butuhkan. Dari sekian kado yang dinilai dengan materi ternyata ada kado yang sangat dibutuhkan dan bahkan kita sendiri tidak pernah terpikirkan.
Apa sajakah itu kado yang ika maksud? Aneka kado ini tidak dijual. Dapat kita berikan kapanpun , di manapun dan tidak perlu dibeli. Kado ini adalah hadiah yang terindah dan tak ternilai bagi orang-orang kita cintai maupun kita sayangi .

Nah ini dia ke 8 kado yang ika maksud:
1.      Kehadiran
Kehadiran orang yang dikasihi rasanya adalah kado yang tak ternilai harganya. Memang kita bisa hadir dihadapannya lewat surat ,telepon,foto atau faxs bahkan  email. Namun dengan berada disampingnya, kita dan dia dapat berbagi perasaan, perhatian dan kasih sayang secara lebih utuh dan intensif. Dengan demikian, kualitas kehadiran juga penting. Jadikanlah kehadiran kita sebagai pembawa kebahagiaan. Nah kita ambil contoh , ketika ada seorang anak yang ingin merayakan ulang tahun dengan kedua orang tuanya. Namun orang tuanya sibuk bekerja dan memberikan hadiah yang mewah kepada anak. Apakah sang anak bahagia? Sepintas kita lihat memang anak tersebut bahagia namun itu hanya sesaat. Kemudian dia akan berpikir kemana orang tuaku? Dan tanpa terasa dia akan merasa kesepian.
2.      Mendengar
Sepintas kita lihat bahwa kado ini adalah kado yang sepele namun tahukan teman-teman tak banyak orang yang mampu memberikan kado ini. Sebab kebanyakan orang lebih suka didengarkan ketimbang mendengarkan. Terutama apabila mereka ada masalah maka tak jarang orang lain hanya sibuk menceritakan masalahnya tanpa  pernah mendengarkan teman atau orang yang dikasihinya ada masalah atau bukan. Hubungan akan harmonis antar umat manusia jika manusia tersebut saling mendengarkan sehingga tidak ada mis komunikasi. Berikan kado ini untuknya. Dengan mencurahkan perhatian pada segala ucapannya  secara tak langsung kita juga telah menumbuhkan kesabaran dan kerendahan hati. Untuk bisa mendengar dengan baik, pastikan kita dalam keadaan relaks dan bisa menangkap apa yang disampaikan. Tatap wajahnya,tidak perlu menyela,mengkritik apalagi menghakimi. Biarkan dia menuntaskannya karena ini memudahkan kita  memberikan tanggapan yang tepat setelahnya. Tidak harus berupa diskusi atau penilaian,  sekedar ucapan terima kasihpun akan terdengar manis baginya. Dengarkan dengan seksama dan pahami apa maksud dari segala keluhan maupun masalahnya.
3.      Diam
Ada yang bilang bahwa diam itu adalah emas. Benarkah demikian ? Ternyata hal itu benar adanya. Terkadang saat kita dalam keadaan emosi alangkah baiknya kita diam dan menenangkan pikiran. Diam bukan berarti takut atau ada yang menggunakan diam itu  untuk menghukum, mengusir atau membingungkan seseorang. Tapi lebih baik dari segalanya.diam juga bisa menunjukkan kecintaan pada seseorang karena memberinya “ruang”.Terlebih jika sehari hari kita sudah gemar menasehati,mengatur ,mengkritiknya.
Dengan diam maka kita dapat memberikan waktu untuknya untuk menenangkan diri.
4.      Kebebasan
Mencintai seseorang bukan berarti memberi kita hak penuh untuk memiliki atau mengatur kehidupan orang yang bersangkutan. Bisakah kita mengaku mencintai seseorang jika kita selalu mengekangnya? Terkadang memberikan kebebasan adalah salah satu perwujudan cinta. Makna kebebasan bukanlah “kamu bebas berbuat semaumu”.namun lebih dalam dari itu,memberi kekebasan adalah memberinya kepercayaan penuh untuk bertanggungjawab atas segala hal yang ia lakukan. Nah bukankah dalam suatu hubungan itu perlu kepercayaan temna-teman?
5.      Keindahan
Siapa yang tak bahagia jika orang yang disayangi tiba-tiba tampil lebih ganteng atau cantik? Tak jarang seorang pria akan merasa senang jika pasangannya tampil cantik apalagi hanya untuknya. Wah kata2 ika kayak paling pengalaman saja yah. Tapi benar lho ini mah udaah survei pada orang disekeliling ika. Tampil indah dan rupawan juga merupakan kado lho. Bahkan tidak salah jika kita mengadokannya tiap hari. Selain keindahan pribadi ,kitapun bisa menghadiahkan keindahan suasana di rumah. Vas dan bunga segar cantik di ruang keluarga atau meja makan yang tertata rapi. Banyak ika dengar bahwa seorang pasangan akan tampil cantik / ganteng hanya untuk pasangannya. Karena dengan begitu pasangannya akan meresa tersanjung. 
6.      Tanggapan positif 
Tanpa sadar, kita sering memberikan penilaian negatif terhadap pikiran,sikap atau tindakan orang yang kita sayangi. Seolah- olah tak ada yang benar dari dirinya dan kebenaran hanya mutlak dari kita .kali ini,coba hadiahkan tanggapan positif. Nyatakan dengan jelas dan tulus. Cobalah ingat,berapa kali dalam seminggu terakhir kita mengucapkan terima kasih atas segala hal yang dilakukan demi kita.Ingat-ingat pula, pernahkah kita memujinya. Kedua hal itu, ucapan terima kasih dan pujian (juga permintaan maaf) adalah kado indah yang sering terlupakan. Kata-kata terima kasih dan pujian akan membuat orang yang kita sanjungi merasa dihargai dan makin bersemangat . Tak heran jika kita menyebarkan energi positif maka hal-hal yang kita lakukan akan berdampak positif juga. Bukankah begitu temna-teman?

7.      Kesediaan mengalah
Tidak semua masalah layak menjadi bahan pertengkaran. Apalagi sampai menjadi cek cokyang hebat. Semestinya kita pertimbangkan, apa iya sebuah hubungan cinta dikorbankan jadi berantakan hanya gara-gara persoalan itu?
Bila kita memikirkan hal ini,berarti kita siap memberikan kado”kesediaan mengalah”.  Okelah, kita mungkin kesal atau marah karena dia telat datang memenuhi janji. Tapi  kalo kejadiannya baru sekali itu,kenapa mesti jadi pemicu pertengkaran yang berlarut-larut? Kesediaan untuk mengalah juga dapat melunturkan sakit hati dan mengajak kita  menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini Mengalah bukan berarti kalah. Namun itu adalah solusi ketika amarah dan emosi sedang menguasai diri. Mencoba bersabar itu intinya. Semarah apapun , cobalah untuk berpikir tenang . Coba pikirkan sejenak kenapa hal itu terjadi?


8.      Senyuman
Percaya atau tidak, kekuatan senyuman amat luar biasa. Senyuman, terlebih yang diberikan secara tulus, bisa jadi pencair hubungan yang beku, pemberi semangat dalam keputusasaan, pencerah suasana muram,bahkan penenang jiwa yang resah.Senyuman juga syarat untuk membuka diri dengn dunia sekeliling kita. Kapan terakhir kali kita menghadiahkan senyuman manis pada orang yang kita kasihi? Atau sebaliknya? Senyum itu ibadah maka tak ada salahnya kita berikan senyuman untuk orang yang kita sayangi. Dengan tersenyum maka segala masalah dia mungkin akan sedikit berkurang karena hatinya akan terasa senang saat melihat senyuman kita. So bagaimana teman-teman ... masih mahalkah senyumanmu itu?


Udah dulu yah...mata ika ngantuk...time to sleep. bye...bye .Kapan-kapan kita lanjutkan lagi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal Data Flow Diagram (DFD)

Sinopsis Canola ( 2016 )

Soal UAS PTSI (Pengantar Teknologi Sistem Informasi ) Gunadarma