Biasakan Diri Berpikiran Positif dan Lihatlah Apa yang akan terjadi ??

Kali ini ika akan menulis tentang berpikiran positif? Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang berpikiran positif, ada baiknya teman-teman juga tahu apa sih ittu berpikir positif?

Berpikir positif adalah berpikir, menduga, dan berharap hanya yang baik tentang sesuatu keadaan atau tentang seseorang. Kita tidak akan berburuk sangka tentang orang lain , menduga-duga yang jahat tentang orang lain , bahkan terhadap diri sendiripun kita tidak boleh berburuk sangka.

Sebagai contoh , jika kita selalu merasa sehat , dan kita akan selalu nyakin bahwa kita akan sukses , kita banyak disukai orang .Maka sebanyak akibatnya kitapun akan benar-benar akan selalu sehat, kesuksesan akan kita raih sebagai sebuah keniscayaan dan akan banyak orang akan berkerumun di sekeliling kita karena mereka sangat menyukai ke pribadian kita. bayangkan , bagaimana besarnya dampak nya bila kita setiap saat menggunakan dan melatih diri untuk menggunakan pola pikir sedasyat itu.

Hidup kita ditentukan oleh pikiran kita " Marcus Aurelius"

Sel-sel dalam tubuh kita akan menterjemahkan apa yang ada dalam pikiran bawah sadar kita ke dalam sebuah gerakan atau suatu mekanisme. Misalnya : ketika kita berpikir untuk sedih maka sel-sel tubuh kita akan membentuk suatu mekanisme otomatis sehingga secara tanpa kita sadari kita akan menangis. Pernahkah teman-teman menonton drama yang sedih? Bukankah karena kita berpikiran bahwa peran yang pemeran perankan adalah sedih maka secara otomatis kitapun ikut sedih dan juga terkadang menangis.( cerita melow...)

Selain itu mekanisme otomatis  di dalam tubuh juga dapat kita lihat saat mengalami gerakan refleks. Saat tangan kita terkena benda panas maka secara otomatis tangan akan menjauh dari benda panas tersebut. Hal ini terjadi karena pikiran kita berpikiran sadar bahwa benda itu panas.

Pikiran kita harus terbiasa positif agar kita mudah dalam meraih cita-cita. Pikiran positif serta kepercayaan diri akan menarik orang lain untuk bergabung dengan kita. Sehingga ketika sedang mengalami masalah maka mereka dengan senang hati akna membantu meringankan beban kita tersebut. Biasa orang-orang yag ikut membantu kita adalah orang yang juga mempunyai pikiran positif terhadap kita.

Hidup akan terasa indah  dan dunia akan terasa damai jika kita berpikiran positif. Pernahkah terbayangkan oleh teman-teman jika tak ada orang yang berpikiran positif yang ada hanya orang-orang yang berpikiran negatif. Maka mungkinkah kedamaian di atas dunia ini akan terwujud. Antara sesama mempunyai pikiran atau dugaan yang bukan-bukan terhadap saudara lainnya. Orang yang berpikiran negatif akan mencari sesuatu baik orang, lingkungan atau peristiwa sebagai pembenaran kesalahan atau tidak adanya tindakan yang diambil . Kejujuran dan kesadaran kita akan membantu keberhasilan kita. So mulai sekarang ayo kita berpikiran positif.

Pada saat keluar rumah di pagi hari , kita sendirilah yang menentukan apakah hari itu akan lebih baik atau buruk , karena tergantung bagaimana kita menjalankan pikiran kita. Dapat tidaknya kita menikmati hari itu sangat tergantung pada cara kita berpikir "Stanley R.Welty, Presden Wooster Brush Company"

Dampak pola berpikir positif disebut juga dengan Dampak pygmalion. Jika seorang ibu berpikiran positif terhadap anaknya yakni anaknya cerdas maka si anak akhirnya akan benar-benar cerdas. Jika kita berpikiran bahwa kita akan berhasil maka besar sekali kemungkinan upaya anda dapat merupakan separu keberhasilan. 

Pola pikir Pygmalion adalah berpikir, menduga dan berharap hanya yang baik tentang suatu keadaan atau seseorang . Hidup akan menjadi baik kalau kita memandang dari segi yang baik pula. berpikir baiklah terhada diri sendiri, terhadap orang lain,terhadap keadaan, terhadap sang Pencipta.  Dampaknya jika kita berpikiran positif adalah keluarga akan terasa hangat, teman akan dipercaya, pekerjaan akan menyenangkan , dunia menjadi ramah dan hidup menjadi indah.

Pikiran kita bersifat magnetis dan memiliki frekuensi . Selama kita berpikir , pikiran-pikiran itu akan dikirimkan ke alam dan akan menarik semua hal yang memiliki kemiripan dengan pikiran kita. Inilah dasar konsep pikiran positf yaitu jika kita berpikir positif maka semua hal yang positif akan menghampiri kita. Selalulah mendoakan kebaikan untuk orang atau melakukan kebaikan terhadap orang lain. Insya Allah ita akan diberikan kebahagia yang melebihi kebahagia orang yang kita doakan atau bantu.

Dengan pikiran, seseorang bisa menjadikan dunianya berbunga-bunga atau berduri-duri "Socrates"
 Ayo teman-teman mau pilih yang mana. Karena apa yang kita alami hari ini adalah dampak pikiran kita kemarin, kita esok hari ditentukan oleh keputusan pada hari ini.Hidup yang kita jalani saat ini adalah pancaran pikiran,keputusan dan pilihan kita. Jika kita rela menerima  tantangan berarti kita telah merintis perubahan , kemajuan , dan perkembangan. 

Nilai-nilai dasar berpikiran positif
Adapun nilai-nilai dasar yang diperlukan untuk menguatkan berpikir positif di dalam diri kita yakni :
1. Percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Bersahabat dan menyingkirkan permusuhan
3. Selalu optimis memandang ke depan
4. Saling membantu dengan sesama
5. Gigih, rajin, dan pantang menyerah

Ciri-ciri Orang yang berpikiran Positif 
1. Melihat masalah sebagai tantangan
2. Menikmati hidup
3. Terbuka padasaran dan ide
4. Buang semua pikiran negatif sesaat setelah terlintas.
5. Bersyukur
6. Tidak mendengarkan rumor atau gosip 
7. Segera bertindak
8. Menggunakan bahasa yang positif.

Formula Berpikir Positif 

Semua bunga esok hari ada dalam benih hari ini. Semua hasil esok hari dalam pikiran kita hari ini " Aristoteles"

Sugesti adalah merupakan rangkaian kata maupun kalimat yang diberikan kepada seseorang untuk memberikan pengaruh sesuai dengan makna  yang ditangkap dari penyampaian kaliamat tersebut. Jadi hal terpenting dari penanaman sugesti adalah dari kata-kata yang anda sampaikan ; apa,kapan, dan sesering apa yang anda menyampaikannya.

Ubahlah cara berpikir kita maka kita dapat mengubah kehidupan kita, kata pepatah. Coba saja kalau teman-teman tidak percaya. Tak ada yang bisa mengubah nasib sesorang jika lau bukan orang tersebut yang merubah nasibnya. Jadi jangan pernah menyalahkan nasib. Karena nasib itu dapat diubah...apakah karena kita dilahirkan dari seorang bapak petani maka kita akan tetap  menjadi petani. Jawabannya tidak...banyak anak petani yang tumbuh menjadi orang yang besar dan kaya raya. Kenapa itu bisa terjadi?? Karena merelah yang mengubahnya... dan tidak pernah pasrah dengan nasib.

Nah ini formula rahasia berpikir positif yakni melihat positif, berbicara positif, mendengar positif , bertindak positif,berpikir kreatif, bicara sendiri, biasa menjadi luar biasa.

Selain itu perkuat sugesti kita. Meskipun sugesti itu terasaa tidak nyata bagi kita sekarang namun tidaklah mengapa karena pikiran kita sadar melihat bahwa hal yang kita katakan itu sedang tidak ada pada diri kita sekarang. Semakin sering kita mengatakan sugesti maka lama-kelamaan akan menjadi kebiasaan pada diri kita. Pikiran bawah sadar kita akan memerintahkan pikiran untuk melakukan segala sesuatu yang perlu dilakukan. Dan segala sesuatu dan solusi di sekeliling kita yang tadinya tidak terlihat akan menunjukkan dirinya untuk ikut membantu dan mewujudkan apa yang kia inginkan . Segalanya akan terasa begitu mudah dan menyenangkan untuk dilakukan.

Tak akan ada yang dapat menghentikan orang yang bermental positif untuk mencapai tujuannya. Sebaliknya tak ada sesuatu pun di dunia ini yang dapat membantu seseorang yang sudah bermental positif "W.W.Ziege"



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal Data Flow Diagram (DFD)

Sinopsis Canola ( 2016 )

Soal UAS PTSI (Pengantar Teknologi Sistem Informasi ) Gunadarma