Cara Menghadapi Permasalahan Hidup

Setiap manusia yang hidup pasti pernah mendapatkan permasalahan . Nah permasalahn itu dapat kita hadapi dengan sabar dan ikhlas. Terkadang sabar dan ikhlas sangat sulit dilakukan jika kita tidak menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini pada hakekatnya hanyalah suatu ujian.  Biasanya kita sering membahasakan ujian sebagai hal yang tidak menyenangkan sebagai sebuah masalah. Dan menganggap ujian sebagai peringatan bagi manusia yang lalai  dan lebih dipandang dari sisi negatif. Padahal jika kita lihat ada nilai positif yang dapat kita ambil dari suatu permasalahan yakni permasalahan merupakan cobaan untuk kita agar kita bisa meningkatkan derajat keimanan kepada Allah.

Sering kali kita hanya mengeluh akan masalah hidup mengenai harta fisik yang membuat kita serba kekurangan. Padahal materi itu bukanlah hal utama yang harus kita kejar demi mendapatkan ridho dari Allah SWT. Tak heran banyak orang yang berlomba-lomba mengejar kekayaan baik dengan cara halal maupun menghalalkan berbagai macam cara. Sesaat dunia mungkin kita akan merasa senang karena segala yang kita perlukan merasa terpenuhi namun hal itu sebenarnya hanyalah tipu daya setan yang membutakan mata. Tak heran jika banyak orang yang gelap matanya jika berhubungan dengan materil. 

Dengan adaya masalah hidup justru seharusnya kita merasa gembira karena Allah masih memberikan perhatian lebih kepada kita umatNya. Hal ini juga sama halnya dengan orang tua kita, jika orang tua marah bukan berarti orang tua tidak sayang kepada kita . Namun sebaliknya orang tua itu sayang dan memperhatikan kita. Beragam permasalahan yang diberikan Allah kepada kita juga merupakan refleksi bahwa kita orang yang mampu dan bisa menghadapi serta menyelesaikan masalah tersebut.

Orang yang sabar dan ikhlas akan menerima ujian dari Allah dengan hal yang menyenangkan namun sebaliknya jika kita tidak bersabar dan ikhlas maka akan sulit untuk menerimanya. Bahkan tak jarang stress , terpukul,bersedih hati ,meratapi nasib menghantui kita.

Surat Al Ankabuut ayat 2 “ Apakah manusia mengira bahwa mereka dibiarkan (saja)mengatakan :Kami telah beriman , sedangkan mereka tidak diuji lagi?”

Dari dalil tersebut dapat menguatkan pemahaman kita mengenai ujian bagi orang-orang yang beriman kepada Allah . Jadi anggaplah ujian itu dapat  mendekatkan kita kepada Allah dan segala perintahNya. Sehingga kita dapat senantiasa untuk belajar sabar dan ikhlas, tanpa sering mengeluh,bahkan tanpa melakukan tindakan yang bernilai negatif akibat rasa putus asa yang sering muncul dipikran manusia yang sedang dilanda kesedihan , kekurangan dan ujian lainnya yang diberikan oleh Allah.

Jika ujian hidup itu terlalu berat untuk dijalani maka ringankanlah beban itu dengan menolong sesama. Karena sesungguhnya dibalik masalah itu ada hikmah yang terkandung di dalamnya. Jika kita meringankan beban orang lain maka pertolongan Allah juga akan datang untukmu.
Nah kalau teman-teman bagaimana cara menghadapi permasalahan hidup?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal Data Flow Diagram (DFD)

Sinopsis Canola ( 2016 )

Soal UAS PTSI (Pengantar Teknologi Sistem Informasi ) Gunadarma