Bahasa dan Ragam bahasa

Pengertian Bahasa

Bahasa merupakan suatu alat komunikasi yang menggunakan simbol-simbol vokal ( bunyi ujaran ) yang bersifat arbiter yang dapat diperkuat denagn gerak-gerik badaniah yang nyata.Nah dengan bahasa kita dapat berkomunikasi dengan sesama. Bahasa dapat berupa suara / bunyi, simbol-simbol maupun gerak tubuh manusia.

Menurut Gorys Keraf (1997:1), Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.

Nah banyak fungsi darai bahasa itu sendiri diantaranya :
1. Bahasa sebagai alat ekspresi diri
Dengan bahasa kita dapat mengekspresikan diri kita.Misal kita bisa ambil contoh : seorang anak menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan ibunya. Meskipun pada awalnya bahasa anak itu tidak dapat sang ibu mengerti namun lama kelamaan sang ibu akan mengerti dengan sendirinya, lewat bahasa tubuh sianak dan kebiasaan anak. Selain dari itu kita juga dapat lihat dari catatan buku diary. Di dalam buku tertuang sudah semua ekspresi diri baik suku maupun duka. Meskipun hanya berupa tulisan namun ketika kita baca buku diari maka secara tidak langsung yang pembacapun bisa terhanyut dengan sendiri dalam isi diary tersebut.
Unsur-unsur yang mendorong eksresi diri antara lain :
  • agar menarik perhatian orang lain
  • keinginan untuk membebaskan diri dari semua tekanan emosi
2. Bahasa sebagai alat integrasi dan adaptasi sosial
3. Bahasa sebagai alat kontrol sosial
4. Bahasa sebagai alat komunikasi

Ragam Bahasa


Ragam Bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara (Bachman, 1990).

Menurut Dendy sugono (1999 : 9), bahwa sehubungan dengan pemakaian bahasa Indonesia, timbul dua masalah pokok, yaitu masalah penggunaan bahasa baku dan tidak baku. Dalam situasi resmi, seperti di sekolah, di kantor, atau di dalam pertemuan resmi digunakan bahasa baku. Sebaliknya dalam situasi tidak resmi, seperti di rumah, di taman, di pasar, kita tidak dituntut menggunakan bahasa baku.

Macam - macam Ragam bahasa
1. Berdasarkan cara komunikasi
  • Ragam lisan
Ragam lisan adalah bahasa yang diujarkan oleh pemakai bahasa. Kita dapat menemukan ragam lisan yang standar, misalnya pada saat orang berpidato atau memberi sambutan, dalam situasi perkuliahan, ceramah, dan ragam lisan yang non standar, misalnya dalam percakapan antar teman, di pasar, atau dalam kesempatan non formal lainnya.
  • Ragam tulisan
Ragam tulis adalah bahasa yang ditulis atau yang tercetak. Ragam tulis pun dapat berupa ragam tulis yang standar maupun non standar. Ragam tulis yang standar kita temukan dalam buku-buku pelajaran, teks, majalah, surat kabar, poster, iklan. Kita juga dapat menemukan ragam tulis non standar dalam majalah remaja, iklan, atau poster.

2. Berdasarkan cara pandang penutur
  • Ragam dialek
Dialek adalah ciri khas cara bicara yang dimiliki disetiap daerah .contoh : dialek madura, dialek melayu
  • Ragam Terpelajar
Ragam yang biasa digunakan oleh orang -orang terpelajar
  • Ragam resmi
Ragam yang digunakan dalam suasana resmi misal dalam meeting
  • Ragam tak resmi
Ragam bahasa yang digunakan dalam suasana tidak resmi contoh : dalam pergaulan
3. Berdasarkan topik pembicaraan
  • Ragam Hukum
  • Ragam Bisnis
  • Ragam Sastra
  • Ragam Kedokteran
  • Dan lain - lain






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal Data Flow Diagram (DFD)

Sinopsis Canola ( 2016 )

Soal UAS PTSI (Pengantar Teknologi Sistem Informasi ) Gunadarma