Mengenal Perangkat Keras ( Hardware Komputer )

Bicara mengenai komputer , pasti temna-teman sudah tahu apa itu komputer? Komputer berasal dari kata to compute  yang berarti menghitung. Tetapi pengertian komputer tidak hanya semata-mata untuk menghitung. Ada beberapa ciri pada suatu komputer yakni antara lain :

  1. Alat elektronik
  2. Dapat menerima input data
  3. Dapat mengolah data
  4. Menggunakan suatu program yang tersimpan yang tersimpan dalam memori komputer
  5. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan data ( data storage )
  6. Memiliki kendali ( control )
  7. Dapat melakukan pemindahan data ( data movement )
  8. Bekerja secara otomatis
  9. Dapat memberikan informasi
Komputer terdiri atas 3 elemen yakni :
  1. Hardware ( Perangkat Keras )
  2. Software ( Perangkat Lunak )
  3. Brainware ( User / Manusia )
Pada kali ini kita akan membahas secara detal tentang hardware.
Siklus pengolah data pada komputer terdiri dari 3 bagian utama yakni input ( pemasukan ) , processing ( pengolahan data ) dan pengeluaran data ( output ).

Input Device 
adalah alat yang digunakan untuk menerima masukan yang dapat berupa masukan data atau masukan program. Alat masukan dapat digolongkan ke dalam beebrapa golongan yakni :
  1. Keyboard
  2. Pointing Device
  3. Scanner
  4. Sensor
  5. Voice Recognize
Keyboard 
Biasanya alat input yang biasa digunakan. Beberapa alat input yang menggunakan keyboard untuk memasukan input adalah 
  • visual display terminal biasanya terdiri atas keyboard dan visual display
  • financial transaction terminal digunakan untuk transaksi yang berhubungan dengan keuangan . Contohnya : electronic fund transfer ( EFT) pada mesin ATM
  • point of sale (POS) digunakan di swalayan . POS terminal merupakan perkembangan dari cash register yang dapat dihubungkan dengan komputer untuk tujuan pengendalian persediaan dan penjadwalan pemesanan kembali barang yang akan dipesan. Contoh alat tambahan POS adalah OCR Tag Reader dan Bar Code Reader
Pointing Device
Yang termasuk dalam peralatan pointing device adalah :
  • Mouse
  • Touch Screen : layar monitor yang akan mengaktifkan program bila layarnya disentuh dengan tangan
  • Light Pen : menyentuh layar monitor dengan pena. Posisi sentuhan di layar akan lebih tepat dan teliti
  • Digilizer Graphic Tablet : digunakan untuk membuat grafik atau gambar dengan cara menghubungkan dua buah titik di graphic tablet dengan alat yang menyerupai pena.
Scanner
Alat masukan scanner dapat berupa :
  • Magnetic Ink Character Recognition Reader( MICR ) : alat peraga pengenal karakter tinta magnetik, banyak digunakan di bank-bank amerika yang khusus supaya bisa dibaca oleh alatnya.
  • optical Data Reader 
Sensor 
Alat yang mampu secara langusng menangkap data kejadian fisik. Data analog dikumpulkan oleh alat sensor dan dimasukkan ke pengubah AD/C yang selnajutnya akan diproses oleh komputer.
Contohnya : Camaera digital yang dipakai untuk menangkap object yang selanjutnya diproses dengan komputer. Camera recorder adalah sensor yang menangkapobject yang bergerak.

Voice Recognizer
Speech Recognizer adalah alat yang digunakan untuk membuat komputer mengerti bahasa manusia.

Output Device
Peralatan yang berfungsi mengeluarkan hasil pemprosesan atau pengolahan data yang berasal dari CPU ke dalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk menyimpan data hasil proses.
Output dapat dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 3 bentuk :
  • tulisan ( huruf, angka, kata,karakter dan simbol2 khusus )
  • image ( grafik dan gambar )
  • suara ( musik atau omongan )
Alat keluaran berbentuk 2 yakni hard copy device dan soft copy device.

Hard Copy Device
Alat keluaran yang digunakan untuk mencetak tulisan , grafik atau gambar pada media percetakan. Contoh printer ( dot matrix, linkjet printer dan laser ). Plotter adalah alat cetak yang mempunyai kemmapuan mencetak grafik atau gambar dengan baik , biasanya menggunakan pen plotter.

Soft Copy Device
Alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan, image dan suara pada media soft yang berupa sinyal elektronik. Contoh : video display ( monitor) , flat panel display ( Liquid Crystal Display ) dan speaker. Monitor jenis monochrome / composite hanya bisa menampilkan satu warna saja yaitu hitam putih atau hijau hitam. Monitor yang berwarna terdapat tiga titik yang bisa mneghasilkan warna merah , hijau dan biru jika ditembuskan oleh sinar elektronik .

Memory Penyimpanan 
Memory Penyimpanan terdiri atas 2 bagian yakni :
  1. Internal Memory : suatu memory yang terletak didalam CPU. Besar kecilnya kemampuan komputer dalam menyimpan ditentukan oleh besr kecilnya memory yang dimilikinya. satuan yang tersimpan dalam memory antara lain byte , Kilo byte , Mega byte dan Giga byte. Memory internal terbagi 2 yakni ROM ( Read Only Memory ) dan RAM ( Random Acces Memory ). Cara Kerja : Jika sebuha PC dinyalakan, program yang ada didalam ROM segera mencari lokasi yang digunakan untuk menyimpan operating system apakah terdapat pada disket ataupun hardisk. Jika diketemukan , maka OS ini segera dipindahkan ke dalam RAM. Tahap ini dikenal sebagai boot up . Untuk selanjutnya , program - program aplikasi seperti misalnya Windows dan lainnya juga dipindahkan ke dalam RAM dan kini komputer siap digunakan oleh pemakai.
  2. Ekternal Memory : Data-data yang tersimpan dalam external memory bersifat tetap , artinya datanya data tersebut tidak akan hilang walaupun tidak ada listrik yang mengalirinya ( non votatile ). Eksternal memory menggunakan media magnetic yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dengan guratan-guratan magnetic yang dimilikinya. Contohnya : Direct Access Storage Device ( DASD ) dan optical Disk.
ROM ( Read Only Memory )
Meyimpan berbagai program yang berasal dari pabrik komputer , program yang tersimpan di dalam ROM , hanya bisa dibaca oleh para pembaca. Jenis-jenis ROM anatar lain :
  • PROM ( Programmable Read Only Memory )
  • EPROM ( Erasable Programmable ROM ) / RPROM ( Reprogrammable ROM ) dapat dihapus deangan sinar ultra violet serta dapat diprogram kembali berulang-ulang.
  • EEPROM ( Electrically Erasable Programmable ROM ) dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram
Bagian-bagian ROM yakni antara lain :
  1. Program BIOS ( Basic Input Output System ) : berguna untuk mengendalikan perpindahan data antara mikroprosessor ke komponan dan dapat memeriksa kondisi yang ada pada dirinya
  2. Program Package / Boostrap : berfungsi untuk memindahkan operating sistem yang tersimpan di dalam disket untuk kemudian ditempatkan di dalam RAM.

RAM ( Read Access Memory )
Merupakan bagian memory yang bisa digunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program data data dalam bentuk pulsa-pulsa listrik , sehingga seandainya listrik yang ada dimatikan , maka program dan data yang tersimpan akan hilang. Bagian - bagian RAM antara lain :
  1. Input Area : tempat untuk menampung data-data input yang akan diolah
  2. Program Area : tempat untuk menampung program yang akan dipergunakan untuk memproses data .
  3. Working Area : tempat yang menampung kegiatan pengolahan data yang akan dikerjakan
  4. Output Area : tempat untuk menampung hasil pengolahan data.
DASD ( Direct Access Storage Device )
Alat menyimpan pengaksesan langsung. Yang termasuk DASD adaah floopy , hard disk dan removable .

Teknologi Optical
CD ROM : menggunakan teknologi sinar laser dan bersifat WORM ( write once , read many ) yaitu hanya dapat direkam 1x kapasitas 600 - 700 MB
DVD ROM ( Digital Versatille Disk ROM ) teknologi yang dipakai sama dengan CD ROM kapasitas 4.7 GB

Sumber : D.Suryadi H.S Pengenalan Komputer

Kembali ke Silabus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal Data Flow Diagram (DFD)

Sinopsis Canola ( 2016 )

Soal UAS PTSI (Pengantar Teknologi Sistem Informasi ) Gunadarma