Tugas 1. Rangkuman Ilmu Budaya Dasar

1. Pendahuluan
Mata kuliah ilmu budaya dasar adalah salah satu mata kuliah yang membicarakan tentang nilai-nilai tentang kebudayaan , tentang berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Mata kuliah ini diharapkan agar lulusan perguruan tinggi kita dari semua jurusan dapat mempunyai suatu kesamaan bahan pembicaraan dan dapat menjadi semacam lingua france atau bahasa pemersatu bagi para akademisi dari berbagai lapangan ilmiah.
Sesuai dengan namanya Ilmu Budaya Dasar , kuliah ini hanya memberikan dasar-dasar yang cukup kuat kepada mahasiswa untuk mencari hubungan antara segala segi kebudayaan dalam hubungan usaha yang terus mencari kebenaran ,keindahan, kebebasan dalam berbagai bentuk serta hubungannya dengan alam semesta ,Tuhannya, masyarakatnya dan juga penemuan dirinya sendiri. Pendeknya dalam mencari hidup yang dirasakan lebih bermakna. Ini tentunya menyangkut sikap modal yang diharapkan memperlengkapi mahasiswa dengan pengalaman luas yang padu yang akan membimbingnya ke arah pembentukan ukuran-ukuran , rasa dan nilai-nilai dengan tidak bergantung pada orang lain.

2. Pengertian Ilmu
llmu merupakan padanan bahasa Inggris science atau scientia ( bahasa latin ) . Kata kerja bahasa latin adalah scire ynang artinya tahu atau mengetahui . Kata ini harus dibedakan dari pengetahuan (knowledge ) . Ilmu itu bukan sekedar pengetahuan melainkan scientific knowledge.
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah , yang merupakan bentuk jamak dari Buddhi ( budi dan akal ) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal. Dalam bahasa inggris kebudayaan disebut culture yang berasal dari kata latin colere yaitu mengolah atau mengerjakan .
Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesme yang berasal dari istilah bahasa Inggris " The Humanities ". Adapun istilah Humanities ini berasal dri bahasa latin Humanus yang bisa diartikan manusia berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang bisa menjadi lebih manusiawi , lebih berbudaya dan lebih halus.

3. Pembagian Ilmu dan Contohnya
Menurut Prof.Dr.Harsya Bachtiar , ilmu dikelompokkan dalam 3 kelompok besar yakni :
  1. Ilmu - Ilmu alamiah ( natural science ) bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta . Untuk mempelajari hal ini digunakan metode ilmiah.Biasanya disebut dengan Ilmu pengetahuan Alam ( IPA ) Contoh : Peristiwa bencana alam yaitu banjir,gempa bumi , tsunami dan lain-lain.
  2. Ilmu-ilmu sosial ( social science ) bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar mansia, Untuk mengkaji hal itu maka digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah.Biasanya disebut dengan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) . Contoh : kegiatan-kegiatan sosial dan komunikasi antar sesama anggota atau kelompok .
  3. Pengetahuan budaya ( The humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk menkaji hal itu digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pernyataan-pernyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Pengetahuan ini dibatasi sebagai pengetahuan yang mencangkup keahlian seni dan filsafat. Contoh : Budaya betawi saat mempersiapkan lamaran.
Ilmu Budaya Dasar berbeda dengan pengetahuan budaya. Ilmu Budaya Dasar dalam bahasa inggris disebut Basic humanities. Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai makhluk berbudaya (homo humanus ) . Sedangkan Ilmu budaya Dasar bukan ilmu tentang budaya melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah dan budaya.

4. Ciri-ciri Ilmu
Adapun ciri-ciri dari ilmu adalah :
  1. Rasional karena merupakan hasil berpikir secara akal atau rasional.
  2. Empiris karena diperoleh dari dan sekitar pengalaman panca indera.
  3. Umum
  4. Akumulatif
5. Tujuan Ilmu budaya Dasar
Penyajian mata kuliah ini tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan . Ilmu Budaya Dasar semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cra memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya , baik yang meyangkut orang lain dan alam sekitarnya.
Ilmu Budaya Dasar duharapkan dapat :
  • Mengusahakan penanaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya
  • Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan tentang masalah kemanusiaan dan kebudayaan serta mengembangkan daya kritis.
  • Mengusahakan agar mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang siplin masing-masing
  • Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar lebih mampu berdialog satu sama lain.
6. Runag lingkup Ilmu budaya Dasar
Ada 2 masalah pokok yang menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah ilmu budaya dasar, yaitu :
  1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan berbudaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan kebudayaan.
  2. Hakekat manusia yang tahu satu atau universal akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kehidupan masing-masing zaman dan tempat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal Data Flow Diagram (DFD)

Sinopsis Canola ( 2016 )

Soal UAS PTSI (Pengantar Teknologi Sistem Informasi ) Gunadarma