Besaran , satuan dan dimensi

Nah kali ini kita akan membahas tentang besaran, satuan dan dimensi. Pelajaran ini sudah tidak asing lagi oleh kita karena pasti donk kita sudah pernah belajar di waktu SMP dan SMU. Bahkan anak SD pun juga sudah mulai mengecap pelajaran ini. Biasanya kita belajar dalam pelajaran fisika.

A. Besaran
Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur yang memiliki nilai dan satuan .Besaran ini dinyatakan dalam angka melalui hasil pengukuran. Oleh karena itu suatu besaran berbeda dengan besaran lainnya.
Adapun salah satu contoh besaran adalah besaran panjang biasanya satuan nya meter
besaran waktu satuannya detik (s )

Satuan adalah sesuatu atau ukuran yang digunakan untuk menyatakan suatu besaran

Dalam fisika , ada 2 jenis besaran yakni ;
1. Besaran pokok
2. Besaran turunan

1. Besaran Pokok
Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Didalam Sistem Internasional (SI) terdapat 7 jenis besaran pokok yang memiliki dimensi dan 2 jenis besaran tambahan yang tidak memiliki dimensi.

Tabel Besaran Pokok dalam SI

2.Besaran Turunan
Besaran Turunan adalah besaran yang diturunkan dari satu arau lebih besaran pokok.
Contoh : Besaran pokok Panjang mempunyai besaran turunan luas dan volume. Beberapa besaran fisika yang termasuk besaran turunan adalah massa jenis , kecepatan,percepatan,berat ,gaya , momentum,impuls momen gaya,mdan listrik dab lain-lain.

B. Satuan
Satuan adalah sesuatu atau ukuran yang digunakan untuk menyatakan suatu besaran.
Ada 2 macam sistem satuan yang banyak digunakan untuk pengukuran besaran yaitu sistem inggris dan sistem metrik.
Sistem metrik biasanya banyak digunakan oleh sebagian besar negara eropa sedangkan sistem inggris banyak digunakan oleh bangsa inggris, amerik dan negara-negara jajahannya.

C.Dimensi
Dimensi adalah cara untuk menyusu suatu besaran yang susunannya berdasarkan besaran pokok dengan menggunakan lambanga atau huruf tertentu yang ditempatkn dalam kurung siku.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal Data Flow Diagram (DFD)

Sinopsis Canola ( 2016 )

Soal UAS PTSI (Pengantar Teknologi Sistem Informasi ) Gunadarma